Internasional

1200 Pejuang Suku Yaman Baru Sadar Ditipu Saudi

14 Desember 2015

YAMAN, SALAFYNEWS.COM – Setelah gagal menghadapi pasukan tentara dan pejuang rakyat Yaman di Najran, Jizan dan Asir. Akhirnya Arab Saudi mendatangkan pasukan dari beberapa suku Yaman dan merekrutnya untuk berperang dengan Houthi.

Sebuah sumber suku menyampaikan pada kantor berita “Khabar” bahwa Arab Saudi dalam beberapa hari terakhir mengajukan permohonan kepada para pemimpin suku dari Partai “Ishlah” (Reformasi), yang berisikan permohonan suplai pasukan dari suku-suku guna memberikan dukungan perang, terutama setelah gagal membuat kemajuan di wilayah Ma’rib.

Menurut sumber itu, setidaknya telah dikirim sekitar 1.200 orang dari beberapa suku yang berbeda (setelah mereka ditipu). Mereka diberitahu akan direkrut di distrik Al Abr dan dipersenjatai sebelum kembali berperang di Ma’rib. Mereka dibawa dengan bus angkutan massal yang digunakan oleh Arab Saudi dalam mempersiapkan para pasukan suku tersebut  yang didatangkan dari Yaman melalui daerah Sharorah.

Sumber lokal menyebutkan kepada kantor berita “Khabar”, bahwa pasukan dari suku-suku di Yaman ini, bukanlah yang pertama kalinya didatangkan oleh Arab Saudi.

Sumber itu juga menyebutkan beberapa kesaksian dari pasukan suku tersebut, bahwa pada awalnya mereka tidak bisa mengetahui ke tempat mana mereka dikerahkan, dan baru mengetahui setelah beberapa waktu berlalu .. dimana mereka ditugaskan untuk menciptakan keamanan di Jizan setelah mengalami instabilitas akibat operasi serangan yang dilakukan oleh pasukan Yaman selama beberapa bulan yang menargetkan beberapa markas militer Saudi.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa Arab Saudi merekrut pasukan suku Yaman ke Jizan setelah bala tentaranya mengalami kegagalan selama konfrontasi terakhir sehingga mengakibatkan sebagian besar dari mereka melarikan diri. [Sfa]

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: AU Saudi Tolak Serang Teroris ISIS di Yaman | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: