Afrika

170 Ribu Pengungsi Yaman Eksudus ke Negara-Negara Afrika

10 Desember 2015
YAMAN, Salafynews.com –  Sekitar 170 ribu warga Yaman melarikan diri negara-negara Afrika dan Teluk akibat serangan intensif koalisi Saudi sejak Maret, menurut laporan Komisaris Tinggi PBB bidang Pengungsian.

Setelah pertemuan para donatur di Nairobi, Komisaris Tinggi PBB bidang Pengungsian, Selasa (8/12), mengeluarkan laporan yang menyebutkan sekitar 170 ribu pengungsi Yaman, telah melarikan diri menuju ke Djibouti, Sudan dan beberapa negara Teluk lainnya.

Badan urusan pengungsi PBB menyampaikan seruan pengumpulan dana sekitar 94 juta dolar pada tahun 2016, untuk dapat memberikan perlindungan dan bantuan kepada para pengungsi dan orang-orang terlantar yang melarikan diri dari konflik di Yaman.

Claire Bourgeois, kepala koordinator kemanusiaan Afrika (UNHCR) yang khusus mengurusi para pengungsi Yaman, mengatakan bahwa sebagian besar pengungsi harus “melewati berbagai macam bahaya” saat melakukan perjalanan dari Teluk Aden menuju benua Afrika, ia menambahkan bahwa serangan koalisi Saudi  telah menyebabkan parahnya penderitaan bagi warga sipil.

Menurut laporan PBB, sekita 80 persen penduduk Yaman menderita akibat perang, mereka sangat membutuhkan bantuan, sedangkan para imigran yang telah meninggalkan Yaman sekitar  2,3 juta orang.

Sejak Juli 2014 terjadi konflik antara para pejuang pendukung setia Houthi Yaman dengan pasukan koalisi Arab yang dipimpin oleh Riyadh. Sementara sejak intervensi militer koalisi yang dipimpin Saudi pada akhir Maret, telah menewaskan lebih dari 5.700 orang, hampir setengah dari mereka adalah warga sipil, menurut laporan yang dikeluarkan PBB. [Sfa/RT]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: