Eropa

2.000 Muslim Bosnia Gelar Unjuk Rasa Atas Pelarangan Jilbab

09 Februari 2016,

BOSNIA, SALAFYNEWS.COM –  Sekitar dua ribu orang yang sebagian besarnya berjilbab berunjuk rasa di Sarajevo, pada Minggu (07/02). Para pengunjuk rasa memprotes resolusi yang baru-baru ini menetapkan pelarangan memakai jilbab di lembaga peradilan di Bosnia.

Samira Zunic Villagic salah satu koordinator dan penyelenggara demonstrasi mengatakan bahwa demonstrasi itu bertujuan untuk memprotes prasangka dan diskriminasi serta marjinalisasi.

Ia juga menganggap bahwa pelarangan jilbab di lembaga peradilan adalah sebuah pelanggaran serius terhadap perempuan Muslim dan kepribadian serta keberadaan mereka. Ia menjelaskan bahwa hal itu merupakan upaya untuk membatasi mereka dalam masalah hak untuk bekerja.

Demonstrasi digelar sebagai bentuk tanggapan terhadap keputusan yang ditetapkan oleh Dewan Peradilan Tertinggi yang memonitor kinerja peradilan, dimana telah ditetapkan “pelarangan berpenampilan agamis” di lembaga peradilan.

Keputusan yang tidak disebutkan secara spesifik bentuk jilbab yang tidak boleh dikenakan itu memicu kecaman dari banyak tokoh agama dan politikus Muslim Bosnia serta dari banyak asosiasi sipil, sebagaimana dilansir Reuters.

Para demonstran di pusat kota mengangkat beberapa spanduk yang mendukung hak penggunaan jilbab.

Jumlah umat ​​Islam di Bosnia sekitar 40 persen dari jumlah keseluruhan penduduk negara itu yang berjumlah sekitar 3,8 juta orang. Jilbab juga dilarang di masa Soviet ketika Bosnia saat itu masih menjadi bagian dari Yugoslavia yang lama. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: