Internasional

250 Warga Australia Terlibat ISIS

Salafynews.com, CANBERRA  Perdana menteri Australia Tonny Abbot menyatakan bahwa Canberra telah berhasil mengidentifikasi sekitar 250 warganya, termasuk para pemuda,  tertarik  untuk mengikuti ideologi kelompok teror ISIS yang beroperasi di Iraq dan Suriah. Pernyataan Abbot ini dibuat dalam bentuk pesan Video yang ditayangkan pada hari Minggu(24/5)

BILL dan TONY“Setidaknya ada 250 warga Australia, beberapa masih berusia sangat muda, telah terjerat ideologi keji ISIS yang memuja kematian,” ungkap Abbott.

Dalam video itu Abbot tidak merinci siapa saja warganya yang terlibat kelompok teroris tersebut. Ia lebih menyoroti tindakan apa yang akan dilakukan Australia untuk membendung terorisme. Organisasi Intelijen Keamanan Australia (ASIO) saat ini tengah mengerjakan 400 investigasi dengan prioritas untuk membendung terorisme.

Abbot juga mengumumkan perombakan undang-undang kewarganegaraan yang ada, dan berjanji untuk menangguhkan kewarganegaraan tersangka terorisme berkewarganegaraan ganda.

Abbot menekankan bahwa warga Australia yang terlibat ISIS adalah ancaman besar bagi negeri itu. Ia menjanjikan untuk menghapus kewarganegaraan warga keturunan generasi kedua di Australia jika diketahui mereka terlibat ISIS.

Perubahan ini datang setelah diduga banyak warga Australia yang terlibat kampanye teror di Iraq dan Suriah bersama-sama dengan teroris takfiri ISIS.

Para ahli lokal menyatakan kekhawatiran besar atas keamanan Australia sekembalinya warga yang tergabung ISIS dari medan peperangan di Timur Tengah, ke negara itu. (lm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: