Nasional

3 WNI Terkait ISIS Ditangkap Aparat Keamanan Korea Selatan

15 Januari 2016

JAKARTA, SALAFYNEWS.COM – Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid mengatakan tiga TKI ditangkap aparat keamanan Korea Selatan. “Ada tiga TKI kita yang di Korsel hari ini ditangkap oleh aparat keamanan dan dituduh masuk jaringan teroris ISIS,” kata Nusron usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres di Jakarta, Jumat (15/1) seperti dilansir Antara.

Dengan adanya penangkapan TKI tersebut menurut Nusron menjadi peringatan bagi BNP2TKI untuk memantau lebih jauh kegiatan TKI di luar negeri.

“Memang penetrasi yang dilakukan kelompok ini sangat efektif dan agresif sehingga kita akan buat gerakan deradikalisasi,” tambah dia.

Gerakan deradikalisasi tersebut berupa pemahamam keagamaan insklusif dan penyemaian desiminasi program-program agama yang sifatnya moderat sesuai dengan keindonesiaan ke kalangan TKI terutama di kawasan Timur Tengah dan Asia Pasifik.

Lebih lanjut dia mengatakan, sejak 2012 sudah tidak ada lagi TKI yang dikirim ke Suriah tapi fakta menunjukkan bahwa masih ada Warga Negara Indonesia yang berada di sana.

“Tidak dipungkiri ada satu, dua yang kebetulan bekerja kepada majikannya yang ikut atau jadi simpatisan ataupun aktivis ISIS, kemudian mereka menjadi ikut kelompok itu tidak terpungkiri. Tapi kalau jumlahnya kita belum bisa identifikasi,” ujar Nusron.

Lebih lanjut dia mengatakan, BNP2TKI akan mengidentifikasi karena biasanya semua TKI yang masuk deportasi dari Suriah melalui Libanon begitu sampai ke Indonesia langsung diwawancara dahulu.

“Setelah itu ada program pelatihan kepada mereka dan ditengah-tengah pelatihan itulah kita juga mengidentifikasikan dari cara berpakaian, pandanganan keagamaan, kenegaraan,” katanya. [Sfa/AB]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: