Internasional

38 Tewas Dalam Bentrokan di Yaman selatan

Salafynews.com – Bentrokan antara pejuang Ansarullah Yaman dari gerakan Houthi dan militan al-Qaeda telah merenggut nyawa 38 orang di bagian selatan negara itu.

Menurut pejabat Yaman, tujuh militan dan 22 pejuang Ansarullah tewas dalam bentrokan berat di kota selatan Daleh Sabtu pagi.

Sembilan lainnya pejuang Houthi juga tewas dalam serangan di kota, laporan menambahkan.

Sementara itu, seorang pejabat pemerintah mengumumkan bahwa serangan granat roket menewaskan sembilan pejuang Ansarullah di kota Loder.

Sementara laporan mengatakan pesawat tempur Saudi menargetkan posisi pejuang Houthi di kota strategis Aden.

Serangan udara Saudi juga melanda al-Anad pangkalan udara militer utara dari Aden, yang sekarang di bawah kendali pejuang Ansarullah.

Provinsi timur yang kaya minyak dari Ma’rib juga menyaksikan pertempuran sengit antara Houthi dan al-Qaeda.

Pada hari Jumat, Amnesty International menyerukan penyelidikan langsung ke agresi Saudi terhadap Yaman yang telah merenggut nyawa ratusan warga sipil sejauh ini.

“Kampanye sebulan serangan udara yang dilakukan oleh Arab Saudi telah mengubah banyak bagian Yaman menjadi tempat yang berbahaya bagi warga sipil,” Kata Boumedouha, wakil direktur Timur Tengah dan Afrika Utara Program Amnesty International Timur Tengah dan Afrika Utara.

Dalam siaran Selasa, juru bicara pemerintah Saudi Brigjen Ahmed al-Assiri mengumumkan penghentian fase pertama perang Saudi di Yaman.

Namun, ia menambahkan bahwa blokade laut Saudi di Yaman akan tinggal di tempat dan pasukan Saudi akan terus menargetkan pejuang gerakan Houthi Ansarullah di Yaman.

Arab Saudi mulai agresi militer terhadap Yaman pada 26 Maret – tanpa mandat PBB – dalam upaya untuk mengembalikan kekuatan untuk mantan presiden buronan negara, Abd Rabbuh Mansur Hadi, yang merupakan sekutu dekat Riyadh.

Menurut laporan, hampir 1.000 orang telah tewas dalam agresi. (am)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: