Internasional

5 Tank Israel Memasuki Jalur Gaza, Langgar Gencatan Senjata

Salafynews.com, GAZA – Tank-tank Israel telah melanggar kesepakatan gencatan senjata dengan gerakan perlawanan Hamas Palestina di tahun, 2014, dengan melakukan serangan terbatas ke Jalur Gaza yang terkepung.

Kendaraan militer Israel menyeberang ke perbatasan tenggara Gaza Selasa  (4/8/15) dan maju sekitar 150 meter ke kota perbatasan Qarara, kata warga setempat.

Menurut Pusat Informasi Palestina, saksi mata melihat lima kendaraan dengan lambang Israel memasuki Qarar, yang terletak hampir empat kilometer dari timur laut kota Khan Yunis.

Serangan terus terjadi meski ada perjanjian gencatan senjata antara Hamas dan rezim Tel Aviv. Pada musim panas 2014 gencatan senjata terjadi setelah hampir dua bulan perang Israel di Gaza, yang menewaskan lebih dari 2.300 warga Palestina.

Menurut kesepakatan yang ditengahi Mesir, Israel harus menepati gencatan senjata dan harus menghormati zona perikanan bagi nelayan Gaza di Mediterania. Israel juga diharapkan untuk tidak membatasi impor bahan pangan dan konstruksi ke dalam daerah yang terkepung.

Reruntuhan rumah yang hancur selama serangan Israel nampak di mana-mana, sementara PBB mengatakan Israel tidak bersedia memenuhi kewajiban yang ditetapkan dalam perjanjian.

Sejak tahun 2007, Israel melakukan blokade darat, udara dan laut terhadap lebih dari 1,8 juta orang yang tinggal di Gaza, mereka menolak barang-barang yang paling dasar seperti makanan, obat-obatan dan bahan bakar.

Sumber-sumber Palestina mengatakan serangan terbatas pada hari Selasa bukanlah hal baru bagi pasukan rezim Tel Aviv yang kerap memasuki wilayah Gaza, dan ini melanggar perjanjian gencatan senjata. (SFA/MM/PTV)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Militan Suriah Gunakan Senjata Buatan Israel | SalafyNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: