Afrika

50 Imigran Ditemukan Tewas Dalam Perahu Di Lepas Pantai Libya

Salafynews.com, TRIPOLI – Seorang penjaga pantai Italia mengatakan bahwa sekitar 50 imigran ditemukan tewas dalam sebuah kapal di lepas pantai Libya pada hari Rabu(26/8) kemarin, sewaktu diadakannya operasi penyelamatan yang berhasil menyelamatkan 430 orang.

Ribuan orang yang kebanyakannya dari Afrika dan Timur Tengah, terombang-ambing di laut pada tahun ini dengan harapan agar bisa mencapai Eropa, mereka terkadang hanya menggunakan perahu-perahu kecil yang tidak didesain untuk bisa menyeberangi laut Mediterania.

Juru-bicara para penjaga pantai Italia mengatakan bahwa kapal Swedia, Poseidon, bekerjasama dengan Badan pengendali perbatasan Uni Eropa Frontex, telah berangkat pada hari Rabu untuk menolong sebuah perahu yang tengah berada di dalam kesulitan saat menemukan jasad-jasad tersebut.

Masih belum jelas bagaimana para imigran itu tewas. Sejauh ini, lebih dari 100.000 imigran telah mencapai Italia pada tahun ini, namun sekitar 2.300 orang diperkirakan telah tewas saat sedang berusaha menyeberangi lautan.

_85203222_028568402-1“Layanan Gawat Darurat telah menerima sekitar 10 panggilan untuk memberikan bantuan kepada berbagai perahu yang sedang dalam kesulitan pada hari Rabu kemarin, semua dalam wilayah sekitar 30 mil(50km) dari pantai Libya,” ungkap sang juru bicara.

Sebuah kapal penjaga pantai Italia telah menyelamatkan 113 orang yang berasal dari beberapa perahu karet yang berbeda, namun seorang penumpang, yang telah berjuang untuk hidupnya, tewas tak berapa lama setelah diselamatkan.

Poseidon sebelumnya telah menyelamatkan 130 orang dari perahu karet yang lain dan dari sebuah kapal dagang yang berisi 225 orang dalam operasi yang berbeda.

“Sebuah kapal penjaga pantai Irlandia kini sedang dalam proses penyelamatan lebih dari 500 orang dari perahu lain,” tambah sang penjaga pantai. (SFA/LM/Reuters)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: