Internasional

50 Teroris ISIS Tewas Dalam Pertempuran di Barat Salahuddin Irak

4 Maret 2016

BAGHDAD, SALAFYNEWS.COM – Pertempuran terus berlanjut hingga tiga hari berturut-turut di sebelah barat provinsi Salahaddin, mulai dari barat Samarra hingga ke barat Baiji sekitar 170 kilometer utara Baghdad.

Pasukan Irak membuat kemajuan yang sangat signifikan dalam semua sektor di tengah perlawanan sporadis dari sejumlah elemen teroris ISIS yang melarikan diri ke arah danau Thar Thar, danau yang memisahkan antara provinsi Salahuddin dan provinsi Anbar.

Sebuah sumber di Kepolisian Federal Irak Kamis (03/02), menyebutkan bahwa “dalam beberapa pertempuran tentara Irak berhasil menewaskan lebih dari 50 teroris ISIS dan menyita sejumlah senjata dan peralatan militer lainnya serta meledakkan 30 bom mobil yang ditinggalkan oleh para elemen ISIS, yang akan mereka gunakan untuk serangan bom bunuh diri”, televisi Al-Sumaria melaporkan.

Sumber itu juga menyebutkan bahwa “semua bom mobil itu diledakkan menggunakan pesawat dan sistem rudal kornet”.

Sementara itu, komandan operasi Samarra Mayor Jenderal Jaafar Al-Zuhairi mengatakan “Pasukan Irak dapat mencapai pinggiran danau Thar Thar dari arah utara sekitar 30 km sebelah barat Baiji, mereka juga mengibarkan bendera Irak”.

Dia juga menegaskan bahwa pasukan telah berhasil memotong lintasan pasokan untuk kelompok teroris ISIS di provinsi Salahuddin, yang seringkali digunakan untuk mendapat pasokan dari provinsi Nineveh.

Al-Zuhairi menambahkan bahwa “pasukan Irak terus maju dengan sangat memuaskan di beberapa wilayah, arah barat Tikrit dan Samarra, bahkan hal itu dicapai lebih cepat dari yang direncanakan disebabkan oleh runtuhnya moral dan pertahanan kelompok teroris ISIS”. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: