Internasional

54 Organisasi HAM Tuntut Raja Saudi di Mahkamah Internasional

Salafynews.com, RIYADH – Lebih dari 50 organisasi HAM menuntut diadilinya Raja Arab Saudi di Mahkamah Pidana Internasional (ICC) atas berbagai kejahatannya di Yaman. (Baca Bom ‘Sektarian’ Yaman oleh Kelompok Takfiri dan Saudi)

Kejahatan Perang Saudi di Yaman

Seperti dilansir situs berita al-Ahed Lebanon, 54 organisasi HAM dari 11 negara Arab dan 10 negara asing pada Senin (14/9/2015) menyampaikan pengaduan atas kejahatan Salman bin Abdul Aziz, Raja Arab Saudi di Yaman.

Organisasi-organisasi HAM itu menegaskan pengadilan terhadap Raja Arab Saudi di ICC dan menurut rencana tuntutan ini akan disampaikan di pertemuan Dewan HAM PBB di Jenewa yang akan dimulai pada hari Selasa. (Baca Foxnews; Arab Saudi Sumber Kejahatan)

Dalam pertemuan Dewan HAM PBB, kelompok-kelompok HAM Yaman, Arab dan negara-negara lainnya akan memberikan laporan, bukti dan dokumen otentik tentang berbagai kejahatan militer Arab Saudi terhadap rakyat Yaman terutama perempuan dan anak-anak.

Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengungkap fakta terkait kejahatan Arab Saudi di Yaman yang disembunyikan oleh media-media musuh. (Baca HRW; Harus Ada Penyelidikan atas Kejahatan Perang Saudi di Mokha)

Arab Saudi dengan dukungan Amerika Serikat, telah melancarkan agresi militer ke Yaman sejak 26 Maret 2015.

Serangan jet-jet tempur rezim Al Saud telah merenggut nyawa sedikitnya 5.200 orang dan melukai belasan ribu lainnya.

Agresi tersebut juga telah memporak-porandakan infrastruktur Yaman termasuk pelabuhan, bandara, sekolah, rumah sakit dan pabrik, dan memaksa lebih dari 1,3 warga negara ini mengungsi. (SFA/FNA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: