Asia

57 Negara Tandatangani Piagam Kesepakatan AIIB

Salafynews.com, BEIJING – Kantor Berita Xinhua memberitakan bahwa Presiden China, Xi Jinping hari ini (29/06) menemui ketua delegasi berbagai negara yang menghadiri acara penandatanganan persetujuan Bank Investasi Infrakstruktur Asia (AIIB).

Xi Jinping menyatakan ucapan selamat dengan ditandatanganinya kesepakatan AIIB atas nama pemerintah China. Dikatakannya, tujuan usulan China mengenai pembentukan AIIB adalah pendorongan kerja sama regional di bidang pembangunan infrakstruktur di Asia. Usulan ini mendapat tanggapan hangat negara di luar dan dalam kawasan ini. Penandatanganan Persetujuan AIIB menandakan langkah historik persiapan pembentukan AIIB serta  memperlihatkan komitmen sungguh-sungguh berbagai pihak mengenai pendirian AIIB.

aiib-signing-group-photo

Xi Jinping menekankan, berbagai negara anggota AIIB memulai semua ini dengan semangat yang satu, terbuka dan penuh toleransi, AIIB  akan dibangun sebagai platform baru yang terbuka, penuh toleransi dan untuk  kemenangan bersama.

Para wakil dari 57 negara anggota pendiri Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB) akhirnya menandatangani Piagam Kesepakatan AIIB hari Senin (29/6). AIIB diperkirakan akan diresmikan pada akhir tahun ini. Berita ini telah dikonfirmasi oleh Jin Liqun, Sekretaris Jenderal Sekretariat Multilateral Sementara AIIB di sela Global Think Tank Summit. Jin Liqun mengatakan, Piagam AIIB akan ditandatangani para menteri keuangan atau pejabat senior lainnya dari 57 negara pendiri di Beijing, China.

Penandatanganan Piagam merupakan salah satu tahap terpenting dalam persiapan AIIB. Setelah penandatanganan tersebut, dokumen Piagam AIIB akan diserahkan kepada Kongres masing-masing negara anggota untuk disahkan. Menurut jadwal yang disepakati, diperkirakan AIIB akan dapat diresmikan pada akhir tahun ini. (lm/cri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: