Internasional

771 Pejuang Kurdi Tewas Dalam Serangan Turki

TURKI, Salafynews.com – Kantor berita Anadolu News Agency Turki pada Jum’at (21/8), melaporkan bahwa pemerintah Turki selama sebulan ini telah melakukan berbagai operasi militer dalam memerangi Pejuang Partai Serikat Buruh Kurdistan. Operasi tersebut setidaknya telah menewaskan 771 anggota pejuang kurdi.

Sumber itu, juga menyatakan bahwa 771 milisi kurdi telah tewas dalam operasi penumpasan teroris yang dimulai sejak 22 Juli lalu. Markas Partai Serikat Buruh Kurdistan di utara Irak menjadi yang paling banyak korban tewas akibat gempuran jet tempur Turki, setidaknya 430 kelompok bersenjata dinyatakan tewas.

Sementara, situs ANA Turki  mengutip dari sumber-sumber intelijen militer Turki, menyebutkan bahwa 260 orang kurdi dinyatakan tewas dalam operasi militer yang dilakukan di darat.

Pihak militer Turki memusatkan operasinya di Tenggara Anatolia, daerah ini dihuni oleh mayoritas suku kurdi dan menjadi pusat pergerakan sejak tahun 1984. Selain itu, pemerintah turki melalui jet-jet tempurnya terus menyerang beberapa daerah perbatasan Irak karena dinyakini sebagai pusat dan basecamp PKK.

Pemerintah Turki pada 24 Juli telah menyatakan “Perang terhadap Terorisme” yaitu memerangi pasukan pejuang PKK dan ISIS, selama operasi tersebut pihak militer Turki paling sering melakukan serangan terhadap PKK, dan hanya 3 kali menyerang posisi ISIS di Suriah.

Menurut sumber lain, pihak PKK sendiri terus melakukan serangan terhadap militer dan kepolisian Turki sehingga dalam serangan tersebut hingga kini telah menewaskan 50 orang pasukan keamanan Turki, jumlah korban tewas dari pihak keamanan Turki itu sebagaimana telah dirilis oleh berbagai harian Turki.

Surat kabar TRT Turki juga melaporkan pada Jum’at (21/8) telah terjadi penyerangan terhadap markas polisi di kawasan Esenyurt di daerah Istanbul, dalam peristiwa tersebut dilaporkan tidak ada korban tewas dan luka. (Alalam/HH/SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: