Internasional

Agresi Saudi Sebabkan Kesengsaraan Anak-anak Yaman

Jum’at, 28 Oktober 2016,

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Juru bicara resmi Kementerian Kesehatan Yaman, Dr. Tamim al-Shami mengatakan bahwa kondisi keamanan pangan di Yaman saat ini tengah memburuk dan taraf kekurangan gizi pada anak-anak Yaman semakin meningkat itu semua akibat agresi yang dilancarkan oleh Saudi, yang disertai dengan blokade darat, laut maupun udara. Jalur-jalur keluar masuk ditutup serta impor makanan dibatasi, obat-obatan dan perlengkapan medis yang diperlukan sulit didapatkan.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Yaman juga menambahkan bahwa Yaman memiliki satu jalur dengan Saudi yang dinamakan “deposito”, dimana terjadi penurunan impor jika dibandingkan dengan sebelum dimulainya agresi mencapai 25 %, dan hal ini merupakan tingkat impor terendah dalam waktu 40 tahun. (Baca: UNICEF: 10 Juta Anak Yaman Membutuhkan Bantuan Kemanusiaan)

Ia juga mengatakan bahwa serangan bom yang terus dilancarkan Saudi terhadap sejumlah rumah sakit dan pusat kesehatan milik Yaman bertujuan untuk mencegah pemberian pelayanan medis yang diperlukan. Agresi brutal Saudi ini menargetkan lebih dari 60 % fasilitas kesehatan Yaman di sebagian besar wilayah Yaman. Hal ini telah menyebabkan memburuknya situasi dan kondisi kesehatan di Yaman secara signifikan, selain faktor krisis air dan tidak adanya panduan kesehatan yang menyebabkan penyebaran berbagai penyakit dan wabah.

Sementara itu, dokter al-Shami meminta kepada organisasi-organisasi internasional dan masyarakat internasional untuk mengakhiri blokade di Yaman dan membuka jalur-jalur darat, pelabuhan-pelabuhan dan bandara-bandara untuk memenuhi kekurangan makanan dan obat-obatan di Yaman.

World Food Programme (WFP) PBB telah menyatakan keprihatinan atas memburuknya situasi keamanan pangan Yaman dan meningkatnya taraf gizi buruk pada anak-anak Yaman. (Baca: Inilah Daftar Pembantaian dan Kejahatan Agresi Saudi-AS Atas Warga Muslim Yaman)

WFP menjelaskan bahwa tim senior dari stafnya baru-baru ini telah mengunjungi beberapa lingkungan termiskin di provinsi Hajjah dan Hudaidah, dan menggambarkan bahwa situasi di sana sangatlah tragis, dengan menjelaskan bahwa warga di sana harus berjuang dengan keras setiap hari untuk mengamankan kebutuhan pangan mereka.

WFP mengatakan bahwa timnya juga mengunjungi rumah sakit dan pusat pangan dan kesehatan di wilayah tersebut dan meneliti beberapa anak yang terkena gizi buruk yang datang ke pusat-pusat pangan dan kesehatan di wilayah terpencil itu.

Direktur Regional WFP untuk Timur Tengah, Afrika Utara, Asia Tengah, dan Eropa Timur, Muhammad Hadi mengatakan bahwa “konflik di Yaman menyebabkan kerugian yang sangat besar, terutama bagi mereka yang sangat membutuhkan, terutama para wanita dan anak-anak”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: