Asia

Ahli Terorisme: 2017 ISIS Akan Dirikan Negara di Filipina

Jum’at, 02 Desember 2016,

SALAFYNEWS.COM, FILIPINA – Tim Ahli Terorisme mengatakan bahwa organisasi teroris ISIS telah mengumumkan bahwa tahun 2017 mendatang mereka akan mendirikan “negara” di Filipina yang terletak di Asia Tenggara, untuk membayar kerugian besar mereka di Irak dan Suriah. (Baca: Katibah Nusantara, Sayap ISIS di Asia Tenggara)

Otsu Iho, seorang ahli di Pusat Internasional untuk Analisis Terorisme “Jane”, mengatakan pada hari Rabu (30/11) bahwa kemungkinan dan potensi berkembangnya ISIS semakin meningkat terutama di negara Filipina, dan beberapa orang telah menyatakan kesetiaannya pada organisasi ISIS ini. Otsu Iho juga menjelaskan bahwa pusat “negara” mereka kemungkinan akan berada di pulau Mindanao, selatan negara Filipina, seperti dilansir oleh kantor berita Addiyar (30/11). (Baca: Negara Khilafah Ala Nabi atau HTI Wahabi?)

Otsu Iho juga menjelaskan bahwa banyak dari kelompok bersenjata “Islam” yang telah menyatakan kesetiaan mereka terhadap organisasi ini, terutama kelompok “Abu Sayyaf”. Otsu mencatat bahwa Mindanao adalah wilayah utama yang masih terdapat kelompok-kelompok bersenjata yang bebas bergerak dan mendirikan kamp pelatihan militer dan melancarkan serangan. (Baca: Ciri Ekstrimis Adalah Berontak Negara dan Membuat Onar Atas Nama Agama)

Otsu juga menambahkan bahwa, “tingkat kekacauan dan dan ketidakmampuan pasukan keamanan dan instansi pemerintah Filipina untuk menguasai dan mengendalikan wilayah ini membuat wilayah ini menjadi tempat yang paling tepat untuk dijadikan “negara” ISIS. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: