Amerika

Akankah PBB Kirim Pasukan Perdamaian Untuk Lindungi Situs Bersejarah?

NEW YORK, Arrahmahnews.com – PBB diminta untuk mengirimkan pasukan penjaga perdamaian untuk melindungi situs bersejarah dan warisan dunia dari serangan militan.

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) telah memberikan lampu hijau atas usulan Italia untuk mengirim pasukan penjaga perdamaian PBB untuk melindungi situs warisan di seluruh dunia dari berbagai ancaman, terutama serangan teroris dan perusakan oleh militan.

Menteri Kebudayaan Italia Dario Franceschini, mengatakan bahwa 53 negara bersama anggota Dewan Keamanan PBB endukung usulan untuk melindungi situs bersejarah dari kehancuran, termasuk  Palmyra di Suriah, yang berada dalam bahaya dari serangan kelompok teroris ISIS.

Pada bulan April, Direktur Jenderal UNESCO Irina Bokova juga telah mendesak Dewan Keamanan untuk menambah perlindungan terhadap situs budaya dalam daftar tugas pasukan penjaga perdamaian PBB.

Kekhawatiran internasional atas nasib situs budaya, artefak dan monumen telah meningkat dengan kampanye perusakan yang berkelanjutan oleh ISIS terhadap monumen, terutama di Suriah dan Irak.

Militan menghancurkan dan menjarah kota abad ke-13 Asiria Nimrud, reruntuhan kuno di Hatra, ibukota Asyur kuno Khorsabad, dan beberapa situs kuno lainnya di Irak utara. Mereka telah merilis video yang menunjukkan militan dari kelompok teror Takfiri ISIS menghancurkan artefak yang tak ternilai dan peninggalan yang kembali pada abad ke-7 SM di museum pusat Mosul.

Setelah merebut Palmyra di Suriah pada bulan Mei, militan ISIS secara masif menghancurkan kota kuno yang termasuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO, dan menghancurkan beberapa situs yang paling berharga. [Sfa/Ptv]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: