Amerika

Aktivis Demo Kecam Riyadh Dukung Terorisme di Depan Kedutaan Saudi di Washington

Jum’at, 15 Juli 2016

SALAFYNEWS.COM, WASHINGTON-DC – Aktivis berkumpul di luar kedutaan Arab Saudi di Washington DC, untuk mengecam dukungan Riyadh atas terorisme di Timur Tengah dan di seluruh dunia.

Ratusan orang Amerika dari berbagai keturunan Timur Tengah menghadiri unjuk rasa yang mengecam dukungan dan pendanaan Arab Saudi kepada kelompok teroris ISIS, PressTV melaporkan. (Baca: Moallem: Turki dan Saudi Sejak Lama Dukung Terorisme)

Para pengunjuk rasa kemudian berbaris di depan Gedung Putih untuk mengecam intervensi rezim Saudi di Suriah, Yaman, Bahrain dan Irak.

“Saudi dan ISIS adalah sama; satu-satunya perbedaan hanyalah namanya saja”. Para Demonstran juga meneriakan slogan, “people yes, Saudi no, the royal family’s got to go,” termasuk di antara banyak slogan yang diteriakkan selama demonstrasi berlangsung.

Para pengunjuk rasa meminta para pejabat AS untuk memutuskan hubungan dengan Riyadh, dan menggambarkan rezim Saudi sebagai akar dari segala kejahatan di Timur Tengah. (Baca: Arab Saudi ‘Stasiun Bahan Bakar’ Ekstrimisme dan Sektarinisme Dunia)

“Kita tahu bahwa Arab Saudi terlibat dalam menyebarkan ekstremisme, ideologi Wahhabi pertama di Timur Tengah dan Asia Selatan dan sekarang ideologi itu benar-benar mengancam seluruh dunia,” kata peserta unjuk rasa, Medea Benjamin, anggota dari Code Pink, aktivis perdamaian dan gerakan keadilan sosial yang bekerja untuk mengakhiri perang yang didanai AS.

Meskipun hubungan bersejarah antara Amerika Serikat dan Arab Saudi telah menjadi semakin buruk di tengah isolasi internasional atas Riyadh dan meningkatkan ketidakstabilan domestik yang disebabkannya, para ahli mengatakan.

Sidang Kongres baru-baru ini juga menunjukkan bahwa Amerika Serikat tidak bisa mengalahkan kelompok teroris global seperti ISIS selama Arab Saudi terus mensponsori ideologi Wahabisme. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: