Fokus

Aktivis Maroko Serukan Pengusutan Tragedi Mina

MAROKO, Salafynews.com – Sejumlah aktivis politik dan HAM Maroko dalam wawancaranya dengan TV al-Alam News menegaskan Arab Saudi bertanggung-jawab penuh atas tragedi Mina.

Abdul Hamid Amin anggota “Jaringan Solidaritas Antar Bangsa” asal Maroko, mengatakan tanggung-jawab Arab Saudi dalam masalah ini sangat jelas menurut kami, bahwa tragedi ini akibat dari sikap pemerintah Saudi yang memandang remeh nyawa para peziarah. (Baca Saksi Mata; Arab Saudi Sengaja Lakukan Pembiaran Tragedi Mina)

Abdul Amin juga menyerukan pembentukan investigasi internasional yang independen untuk mengungkap tragedi Mina, kemudian mempublikasikan secara transparan penyebab insiden itu, dan menuntut kerajaan Arab Saudi sebagai penyelenggaran haji untuk meminta maaf kepada keluarga korban dan membayar uang diat (denda). (Baca Tragedi Mina, Arab Saudi Harus Membuka Diri : Buya Syafii Maarif)

Kami telah menyaksikan berulang kali rekaman video tragedi ini, dimana para peziarah yang menjadi korban terlihat bertumpuk-tumpuk menggunung, dan mungkin saja di antara jasad yang tertumpuk-tumpuk itu masih ada yang hidup dan hanya pingsan sesaat karena keletihan. Sementara rekaman video yang banyak beredar itu, menunjukkan tidak ada usaha dari petugas keamanan Saudi untuk mencari mereka-mereka yang masih hidup, dan memberi pertolongan kepada mereka.

Anggota “Jaringan Solidaritas Antar Bangsa” asal Maroko juga menegaskan prilaku petugas keamanan kerajaan Arab Saudi menunjukkan ketidakpedulian mereka terhadap nyawa jamaah haji, ini tidak bisa diterima.

Kemudian, ia menutup wawancara itu dengan sebuah pertanyaan, apakah kita akan terus memberikan kewenangan kepada Arab Saudi untuk terus mengurus masalah haji setelah tragedi ini?

Sementara itu, Muhammed Ridho al-Quraisy perwakilan dari kota Tangier, Maroko, juga menegaskan bahwa tragedi Mina bukti kelalaian dan ketidakbecusan Arab Saudi dalam menyelenggarakan haji. (Baca Tragedi Mina, Apakah Mengkritik Arab Saudi Berarti Mengkritik Islam?)

Dia juga menyerukan penyelidikan independen yang melibatkan negara-negara yang menjadi korban, untuk mencari tahu sumber penyebab kejadian ini dan agar kejadian serupa tidak terulang kembali. (Baca Tragedi Mina, Tim Pengawas Haji Saudi Tak Miliki Sistem Peringatan Dini)

Ahmed al-Hayej Ketua HAM Maroko menegaskan sangat urgent sekali mengungkap latar belakang tragedi Mina, karena para pejabat Saudi seharusnya punya plan rencana ke depan jika terjadi musibah dan kondisi darurat, langkah-langkah khusus apa yang harus dilakukan untuk penyelamatan para korban luka maupun meninggal. (SFA/AM/MM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: