Internasional

Al Saud Keluarkan Milyaran Dolar Untuk Kampanye Pencitraan di AS

RIYADH, Salafynews.com – Para pejabat Arab Saudi menggelontorkan dana puluhan miliar dolar untuk sebuah perusahaan Amerika Serikat dalam rangka memulihkan citranya di tingkat global.

Tasnim News mengutip koran Ray el-Youm melaporkan, para pejabat Arab Saudi telah mengeluarkan dana puluhan miliar dolar untuk mendukung kampanye pencitraan di Amerika Serikat dan negara-negara lain.

Ini terjadi setelah media massa dan jaringan televisi Barat mulai menggulirkan kritik pedas anti-Arab Saudi atas perang Yaman, pemenjaraan seorang aktivis Twitter Saudi Raif Badawi, dan juga hukum pancung untuk pemuda Ali Nemr.

Ali Nemr, yang ditangkap pada usia 17 tahun karena partisipasinya dalam demonstrasi damai, dan akhirnya dihukum mati beberapa waktu lalu.

Lee Fang, dalam artikelnya di situs Intercept menulis, pada bulan September saja, dokumen pengungkapan lobi asing menunjukkan penandatanganan kesepakatan antara pemerintah Saudi dan humas Edelman dan perusahaan lobi raksasa Podesta Group, di Amerika Serikat.

Kedutaan Besar Arab Saudi di Washington juga berhasil menggalang sejumlah senator AS termasuk mantan senator Norm Coleman. Tidak hanya itu perusahaan minyak Arab Saudi, Aramco juga menggunakan hubungannya dengan minyak Amerika Serikat lobi perusahaan untuk melakukan lobi di AS. [SFA/raialyoum/tasnim]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: