Internasional

Aliran Pipa Gas ke Damaskus Terhenti Setelah Diledakkan ISIS

Salafynesw.com- Teroris Takfiri ISIL meledakkan pipa gas (suplai gas) dari Suriah timur ke ibukota Damaskus.

Para militan Takfiri meledakkan pipa gas dekat dengan bandara militer di timur Provinsi Homs, kata Tim Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, Rabu 10/6.

“Pipa ini digunakan untuk menyalurkan gas ke pinggiran kota Damaskus dan Homs untuk menghasilkan listrik dan menyediakan pemanas di rumah-rumah penduduk” kata Rami Abdel Rahman, kepala kelompok monitoring.

Para militan telah mengambil alih sejumlah gas dan ladang minyak di Homs, selama serangan mereka di kota Suriah kuno Palmyra yang jatuh ke tangan militan ISIL pada akhir Mei lalu.

cce9fae9-3931-40fa-845b-29663e6633e4-sfa2

Pengungsi Suriah menunggu transportasi setelah menyeberang ke Turki dari kota Suriah Tell Abyad, dekat Akcakale di Provinsi Sanliurfa, pada 10 Juni 2015. (AFP)

Sementara itu, menurut kantor manajemen darurat Turki melaporkan bahwa selama seminggu terakhir setidaknya 6.000 warga Suriah telah melarikan diri melintasi perbatasan menuju Turki, untuk menyelamatkan diri dari bentrokan antara militan dan pasukan ISIL Kurdi dekat kota Suriah utara Tell Abyad.

Badan ini membuat pengumuman pada hari Rabu 10/6, dan menambahkan bahwa sebagian besar pengungsi telah memasuki Turki melalui kota perbatasan Akcakale. Saat ini mereka sedang menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum dipindahkan ke kamp-kamp khusus pengungsian. [SFA]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: