Internasional

Amerika dan Jerman Tarik Rudal Patriot dari Turki

ANKARA, Salafynews.com – Harian Huriat Daily melaporkan bahwa Amerika pada hari ini telah menyampaikan kepada pemerintah Turki untuk menghentikan kerjasamanya dalam sistem keamanan udara negara tersebut, dan kesepakatan itu akan berakhir pada bulan Oktober mendatang.
Sumber itu, juga menyebutkan bahwa Amerika berusaha mengeluarkan perlengkapan rudal patriotnya dari Selatan Turki. Sementara, Jerman beberapa hari lalu juga telah mengambil keputusan untuk mengeluarkan rudal patriotnya dari Turki. (Baca Jerman Tarik Rudal Patriot dari Perbatasan Turki-Suriah)
Dalam penjelasannya Amerika juga menegaskan perjanjian dan kesepakatannya dengan Turki dan NATO untuk memfasilitasi Turki dalam urusan pertahanan negerinya untuk menghadapi berbagai ancaman rudal-rudal balistik. Kesepatan itu tentunya akan dilanjutkan dengan meningkatkan kemampuan berbagai rudal Turki dalam mencegah rudal musuh.
Pernyataan itu menekankan bahwa AS tetap “berkomitmen untuk mendukung kemampuan pertahanan udara Turki, termasuk terhadap risiko rudal balistik dan ancaman … dan stabilitas keamanan dan regional.”Amerika Serikat, Jerman dan Belanda telah mengerahkan baterai rudal Patriot pada tahun 2013 di sepanjang perbatasan Turki dengan Suriah untuk “memperkuat pertahanan Turki”.Pada hari Sabtu, Jerman mengumumkan akan menarik keluar dua sistem rudal Patriot dan 250 tentara dari Turki pada bulan Januari tahun depan. (SFA/MNA/HH/PTV)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: