Amerika

Amerika dan Sekutu Tolak Masukkan Ahrar Sham-Jaish Al-Islam Dalam Daftar Teroris

Jumat, 13 Mei 2016

SALAFYNEWS.COM,  NEW YORK  –  Amerika Serikat, Inggris, Prancis dan Ukraina menghalangi permohonan yang diajukan oleh Rusia kepada PBB untuk memasukkan Ahrar al-Sham dan Jaysh Al-Islam  dalam daftar sanksi PBB terkait aksi terorisme.

Pada tanggal 26 April lalu, Wakil tetap Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin, telah mengajukan permohonan kepada Komite Kontra-Terorisme di PBB, yang memonitor pemberlakuan sanksi  atas dua kelompok teroris ISIS dan Al Qaeda, agar memasukkan kelompok Ahrar Al-Sham dan Jaysh Al-Islam dalam daftar teroris yang mendapat sanksi PBB .

Churkin menyebutkan bahwa langkah itu diambil berdasarkan pada sejumlah informasi yang menunjukkan adanya keterkaitan antara kelompok Ahrar al-Sham maupun Jaysh Al-Islam dengan beberapa kelompok teroris, termasuk dengan ISIS dan terutama dengan Al-Qaedah. Ia menegaskan bahwa baik Ahrar Al-Sham maupun Jaysh Al-Islam sama-sama memperoleh  dukungan keuangan, teknis dan militer.

Perlu dicatat bahwa dengan memasukan Ahrar al-Sham dan Jaysh Al-Islam dalam daftar sanksi, maka kedua kelompok tersebut otomatis keluar dari perjanjian gencatan senjata yang saat ini sedang berlangsung di Suriah. Dengan begitu tentunya akan dengan mudah bagi Rusia atau Suriah melakukan serangan pada kedua kelompok teror tersebut.

Permintaan Rusia dan Suriah itu didasarkan pada sejumlah laporan berkala oleh Departemen Pertahanan Rusia yang menunjukkan bahwa kedua kelompok teror itu secara terus menerus melanggar perjanjian gencatan senjata di Suriah, termasuk melalui pemboman yang menargetkan pemukiman warga sipil di kota-kota Suriah.

Inisiatif Rusia itu mendapat ganjalan keras oleh Amerika Serikat yang  menuding bahwa Rusia pada 11 Mei lalu berusaha untuk mengumumkan secara terbuka kelompok-kelompok yang merupakan bagian dari gencatan senjata  masuk dalam daftar kelompok teroris. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: