Internasional

Amnesty Internasional Desak Pembebasan Aktivis Bahrain

Salafynews.com – Amnesty International menyerukan pembebasan segera aktivis hak asasi manusia di Bahrain. Nabeel Rajab, ditajuhi hukuman kurungan 6 bulan oleh pengadilan Bahrain setelah mem-posting pesan Twitter yang dianggap menghina rezim Al Khalifah.


“Putusan hari ini menunjukkan sekali lagi bahwa Bahrain sangat berani mengabaikan undang-undang internasional” kata Wakil Direktur Amnesty International Timur Tengah dan Afrika Utara, Boumedouha.

“Nabeel Rajab telah dijatuhi hukuman 6 bulan kurungan hanya karena mengekspresikan pendapatnya. Pihak berwenang Bahrain harus segera membebaskannya tanpa syarat, dan membatalkan dakwaannya,” tambah Boumedouha.

Bahrain News Agency mengutip kantor jaksa agung di kerajaan mengatakan sebelumnya pada hari itu, Rajab telah dihukum karena “menghina dua badan pemerintah publik,” membuat referensi ke kementerian dalam negeri dan pertahanan di negara Teluk Persia.

Kelompok hak asasi juga mendesak rezim Bahrain untuk segara mencabut perlakuan kebebasan berekspresi sebagai “kejahatan.”

“Pihak berwenang Bahrain telah menyatakan kemarahan atas kritik  aktivis hak asasi manusia, dan mengklaim mereka telah memperkenalkan serangkaian reformasi dalam beberapa tahun terakhir. Namun, hal ini memberikan bukti lebih lanjut bahwa reformasi yang dikalim itu hanya omong kosong belaka. Bahrain adalah sebuah negara yang menetapkan kebebasan berbicara sebagai kejahatan, “tambah Boumedouha.

Rajab dijatuhi hukuman enam bulan penjara pada bulan Januari karena telah men-tweet yang mengkritik rezim Al Khalifa. Dia dikenal sebagai pengiat HAM, dan telah menghabiskan dua tahun di penjara dari pertengahan 2012 hingga pertengahan 2014.

Pada tanggal 11 Mei, Mohammed al-Jishi, pengacara Rajab, mengatakan pengadilan pidana di negara itu telah memutuskan untuk memperpanjang penahanan untuk menunggu penyelidikan lebih lanjut.

Rajab adalah direktur pusat Hak Asasi Manusia untuk Bahrain dan pendiri [Persia] Gulf Pusat Hak Asasi Manusia. (am)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: