Internasional

Amoli: Kejahatan Rezim Saudi Setara dengan Kejahatan Nazi

Salafynews.com – Kepala peradilan Iran mengatakan, Arab Saudi telah melakukan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Yaman.

Pada pertemuan puncak hari Rabu dengan para pejabat pengadilan tinggi di Teheran, Sadeq Amoli Larijani menyuarakan penyesalan atas pemboman negara miskin seperti Yaman. Ia mengatakan langkah-langkah Rezim Saudi telah mencapai tingkat kejahatan perang menurut Statuta Roma tentang Mahkamah Pidana Internasional.

“Pejabat Rezim Saudi harus dituntut di Pengadilan Kriminal Internasional seperti penjahat Nazi,” katanya.

Selanjutnya, Amoli Larijani mengecam Barat dan khususnya Amerika Serikat atas kebijakan standar ganda terhadap hak asasi manusia. Ia menegaskan bahwa Yaman berada dalam kondisi kebutuhan yang sangat mendesak atas makanan dan obat-obatan karena upaya Saudi untuk mengambat sampainya bantuan.

Bulan lalu, Arab Saudi mencegah dua pesawat sipil Iran dari memberikan bantuan medis dan pangan untuk orang-orang yang dilanda perang.

Kepala peradilan Iran menyatakan harapan bahwa Yaman akan muncul sebagai pemenang perang Arab melalui perlawanan mereka.

Riyadh meluncurkan agresi militer terhadap negara termiskin di dunia Arab pada 26 Maret – tanpa mandat PBB – dalam upaya untuk melemahkan gerakan Houthi Ansarullah Yaman dan untuk mengembalikan kekuatan untuk mantan presiden buronan negara, Abd Rabbuh Mansur Hadi, sekutu setia dari Saudi.

Arab Saudi terus melanjutkan serangan udara brutal terhadap Yaman meskipun situasi kemanusiaan yang memburuk di negara miskin ini. (jb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: