Internasional

Analis: Presiden Kulit Hitam yang Pro Kulit Putih

Salafynews.com – “Penembakan dua orang hitam bersenjata oleh polisi kulit putih di negara bagian Washington baru-baru ini menggambarkan pola “kekerasan intens” yang dilakukan polisi terhadap warga Afrika-Amerika di Amerika Serikat”, kata seorang jurnalis di Detroit.

“Penembakan ini menjadi gambaran yang jelas bagaimana warga kulit hitam tidak bisa mendapatkan keadilan dari pihak penegak hukum,” kata Abayomi Azikiwe, editor dari Pan-African News Wire.

“Pemerintahan Obama berulang kali mengecilkan bahkan benar-benar mengabaikan pembunuhan yang dilakukan polisi ini, padahal jumlahnya selalu meningkat selama beberapa tahun terakhir,” kata Azikiwe seperti dilansir Press TV, pada Jumat (22/05).

Penembakan seorang polisi kulit putih kepada Andre Thompson dan saudaranya, Bryson Chaplin pada Kamis di Olympia, Washington, memicu protes di jalanan kota.

Penembakan itu terjadi setelah Polisi mendapat laporan bahwa Thompson dan Chaplin berusaha untuk mencuri bir dari sebuah super market pada tengah malam.

Setelah kejadian penembakan ini tersebar, warga merespon dengan berunjuk rasa di Olympia, sebuah kota berpenduduk sekitar 48.000 orang dan hanya 2 persen dari jumlah tersebut yang berkulit hitam, menurut data Sensus AS.

Sekitar 400 pengunjuk rasa turun ke jalan pada Kamis malam, berbaris menuju Balai Kota Olympia. Foto demonstrasi yang diterbitkan oleh media lokal menunjukkan demo ini tak hanya dilakukan oleh warga kulit hitam karena banyaknya warga kulit putih yang ikut berpartisipasi.

Protes besar-besaran telah terjadi di Amerika Serikat setelah serangkaian kematian dari laki-laki Afrika-Amerika yang tak bersenjata oleh polisi kulit putih.

Kerusuhan di Baltimore atas kematian Freddie Gray beberapa saat yang lalu adalah yang paling besar di Amerika Serikat sejak protes di Ferguson menyusul penembakan Michael Brown, pemuda 18 tahun oleh seorang polisi kulit putih. (jb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: