Internasional

Analis: Turki-Saudi-ISIS Gagal Keluarkan Abu Bakar Baghdadi dari Irak

pelarian_al_baghdadi

Kamis, 27 Oktober 2016,

SALAFYNEWS.COM, BAGHDAD – Seorang pengamat militer Shafa Al-Asham mengungkap kegagalan rencana Turki-Saudi dalam mentransfer pemimpin ISIS, Abu Bakr Al-Baghdadi dari Niniwe ke Libya melalui jalur-jalur perbatasan yang jauh dari jangkauan komite populer di Ba’siqah, Rubta dan Kirkuk. (Baca: Al-Baghdadi Bersama Tiga Komandannya Diracun)

Al-Asham mengatakan pada situs berita Al-Maalomah (26/10), menjelaskan bahwa Turki dan Saudi dibantu beberapa negara Arab merencanakan penyelundupan pemimpin ISIS, Ibrahim Al-Samarai atau Abu Bakr Al-Baghdadi dengan membuka jalur penyeberangan Kirkuk-Mosul, kemudian ditransfer ke Turki atau dengan membuka jalur  Qaim-Rubta, dan membawanya keluar dari Deir El-Zour Suriah, melintasi perbatasan Turki lalu ke Libya.

Ia juga menambahkan ISIS menyadari bahwa mustahil ia bisa membawa kabur pemimpin mereka melalui Tal Afar pada periode mendatang dengan melihat penyebaran pasukan komite populer di jalur selatan dekat Baaj, terutama pesawat-pesawat Rusia mengintai kawasan perbatasan Irak-Suriah secara intensif. (Baca: ISIS Kerahkan Kekuatan, Setelah Istri Al-Baghdadi Membelot)

Al-Asham juga menyatakan bahwa ISIS saat ini berencana untuk membuka celah di daerah perbatasan Iraq-Suriah untuk memindahkan Al-Baghdadi ke tempat yang aman di Suriah sebagai persiapan untuk transfer ke Turki, kemudian diselundupkan ke Libya atau negara lain. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: