Eropa

Ankara Temukan Identitas Pelaku Penyerangan di Istanbul

Sabtu, 07 Januari 2017 – 9.32 wib,

SALAFYNEWS.COM, ANKARA – Kantor berita Anatolia menukil ucapan dari Menteri luar negeri Turki, Mouloud Jawish Ihsanoglu mengatakan pada Rabu 4 Januari, bahwa para penyidik menemukan identitas pelaku serangan Istanbul, tanpa mengungkapkan rincian lebih lanjut.

Surat kabar Hurriyet melaporkan sedikitnya ada 40 orang yang ditahan dari warga keturunan Republik Dagestan Rusia, dan negara-negara Asia Tengah oleh otoritas Turki di propinsi Izmir, dalam rangka penyelidikan serangan Istanbul. Menurut surat kabar tersebut, sebagian besar tahanan adalah orang-orang Dagestan serta warga negara-negara Asia Tengah. (Baca: Mufti Besar Suriah: Para Pembunuh Ulama dan Peledak Masjid ada di Doha, Riyadh, Istanbul)

Pelaku kemungkinan berasal dari Uighur, menurut surat kabar berita Turki, yang masuk ke Turki dengan keluarganya, dan menggunakan kartu identitas palsu.

Sebelumnya pada hari Rabu, kantor berita Anatolia melaporkan bahwa pasukan keamanan Turki telah menangkap 20 orang, termasuk 11 perempuan, yang diduga memiliki hubungan dengan organisasi ISIS di propinsi Izmir. Penangkapan itu terkait serangan malam tahun baru di Istanbul, yang menewaskan 39 orang dan melukai 65 lainnya.

Sumber-sumber keamanan di Izmir mengatakan bahwa penangkapan ini dilakukan sebagai bagian dari operasi keamanan yang diluncurkan oleh pasukan keamanan di wilayah tersebut pada Rabu pagi. Sedikitnya empat tempat telah digrebek selama operasi. (Baca: DICAMPAKKAN! ISIS Akan Balas Dendam Kepada Saudi, Mesir dan Perancis)

Sumber keamanan Izmir juga menambahkan bahwa tahanan diyakini telah tinggal di wilayah Konya, di rumah yang sama yang dihuni pelaku penyerangan Istanbul. Mereka telah dibawa bersama dengan 20 anak-anak mereka, ke Direktorat Keamanan Izmir. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: