Eropa

Arab Saudi Ancaman Terbesar Inggris Bukan Rusia

MOSKOW, Salafynews.com – Arab Saudi menjadi momok yang lebih mengancam bagi Inggris ketimbang Rusia. Hal itu disampaikan Ken Livingstone, mantan Wali Kota London, pada sebuah konferensi di Moskow yang ditayangkan stasiun televisi setempat.

Alasan Livingstone menilai Saudi menjadi ancaman bagi Inggris ketimbang Rusia, karena Riyadh dia anggap sebagai donatur utama kelompok-kelompok fundamentalis Islam.”Fakta yang sederhana adalah Barat tidak menghadapi ancaman dari Rusia,” kata Livingstone, seperti dikutip Independent, Jumat (11/12/2015).

“Kami sekarang menghadapi ancaman dari fundamentalisme Islam. Yang sebagian besar telah didanai oleh Arab Saudi, sekutu utama kami, yang telah mendanai kelompok Islam intoleran yang tidak ada hubungannya dengan ajaran Nabi Muhammad,” lanjut Livingstone.

Menurutnya, Rusia dan Presiden Vladimir Putin telah mendapat predikat buruk oleh pers. ”Di Inggris tidak ada yang diberitahu tentang diskriminasi terhadap orang-orang berbahasa Rusia di negara-negara  Baltik,” ujarnya.

“Tidak ada yang mengatakan, bahwa itu sebenarnya tekanan dari Uni Eropa yang menegaskan kepada Presiden Ukraina bahwa mereka tidak akan menandatangani kesepakatan perdagangan kecuali mereka berhenti negosiasi kesepakatan perdagangan dengan Rusia, dan kemudian ketika Presiden Ukraina (terdahulu, Victor Yanukovych) memutuskan bahwa dia tidak akan melakukan itu, anehnya ia justru digulingkan,” papar Livingstone.

Selain Saudi, dia juga menilai Qatar ikut mendanai kelompok fundamentalis. ”Hal yang tidak benar dilakukan, hampir semua fundamentalisIslam telah didanai oleh Saudi dan Qatar, seperti kembali 70 tahun silam, menyebarkan kebencian terutama dari kelompok Islam intoleran, dan Inggris dan Amerika harus mengatakan kepada mereka ‘Anda harus menghentikan pendanaan ini atau Anda tidak bisa menjadi sekutu kami’,” kata Livingstone.

Tudingan Saudi mendanai kelompok fundamentalis sudah lama muncul. Namun, Pemerintah Riyadh tidak pernah bersedia mengkonfirmasi tuduhan itu. Bahkan, ada laporan perihal serangan 9/11 yang tidak diungkap Pemerintah AS, karena ada dugaan Saudi ikut mendanai kelompok yang melakukan serangan itu. [Sfa/MM]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: