Internasional

Arab Saudi Bersikukuh Kendalikan Peran Penyelenggaraan Haji

RIYADH, Salafynews.com – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud mengatakan Riyadh tidak akan menyerahkan perannya sebagai penyelenggara ibadah haji meskipun dua tragedi mematikan, tragedi himpitan jamaah haji dan kecelakaan crane, yang melanda ibadah haji tahun ini.

“Kami telah berusaha memberikan pelayanan kepada tamu Allah dengan kenyamanan, keamanan dan keselamatan … [dan kami akan terus lakukan] tugas dan tanggung jawab dalam melayani para tamu Allah,” Salman menyatakan dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh Saudi Press Agency (SPA) pada hari Senin (12/10/15).

Kerajaan sebelumnya telah mendapat kecaman internasional karena manajemen yang buruk dalam penyelengaran haji dan penanganan yang tidak bertanggung jawab atas tragedi September di Mina.

Iran, mengatakan lebih dari 460 warganya meninggal dalam tragedi itu, mengecam kesalahan Riyadh dalam penanganan insiden dan pasca insiden, dan menyalahkan kerajaan atas “ketidakmampuan” dalam mengelola ibadah yang sangat penting itu.

“Arab Saudi tidak mampu mengorganisir ibadah haji,” kata Ayatollah Mohammad Emami Kashani, seorang ulama tinggi dari Iran.

Dia menyerukan ibadah haji dikelola bersama oleh negara-negara Islam yang melaksanakan ibadah tersebut.

Arab Saudi belum mampu memberikan jumlah korban berbagai negara yang terbaru dalam tragedi 24 September di Mina.

Arab Saudi mengatakan sekitar 770 orang meninggal dalam insiden itu. Sementara jumlah korban yang dirilis oleh negara-negara yang warganya menjadi korban dalam tragedi itu telah melebihi angka 1000 orang, belum termasuk mereka-mereka yang dinyatakan hilang.

Namun, pejabat Organisasi Haji dan Ziarah Iran mengatakan sekitar 4.700 orang, termasuk lebih dari 460 warga Iran, meninggal dalam tragedi tersebut.

Sebuah penghitungan baru oleh The Associated Press menunjukkan bahwa setidaknya 1.453 orang tewas dalam insiden itu. Hitungan AP ini lebih tinggi 684 lebih dari jumlah korban resmi 769 yang disediakan oleh Riyadh. [Sfa/Ptv]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: