Internasional

Arab Saudi Buka Kedutaan di Tel Aviv

Jum’at, 29 April 2016

TEL AVIV, SALAFYNEWS.COM – Anwar Eshki, seorang jenderal pensiunan dari Angkatan Darat Saudi, mengatakan bahwa Riyadh akan mendirikan kedutaan besar di Tel Aviv, jika Israel menerima inisiatif perdamaian Arab yang pernah diajukan pada tahun 2002.

Sebuah laporan yang dirilis oleh surat kabar “Jerusalem Post”, pada Rabu (27/04), menjelaskan bahwa Eshki ditanya selama wawancara dengan saluran “Al Jazeera”, kapan Arab Saudi akan membuka kedutaan besarnya di Israel? ia menjawab: “Anda harus bertanya kepada Netanyahu.”

Ia menambahkan, jika perdana menteri Israel mengumumkan bahwa ia menerima inisiatif Arab, maka Kerajaan Saudi akan segera memulai untuk mendirikan kedutaan besarnya di Tel Aviv.

Eshki, 73, adalah ketua Pusat Timur Tengah untuk studi strategi dan hukum yang berbasis di Jeddah, ia juga mantan penasehat pangeran Saudi dan duta besar di AS, Bandar bin Sultan.

Laporan itu juga menunjukkan bahwa inisiatif perdamaian Arab pada tahun 2002 menyeru pada solusi kedua negara berdasarkan pada penarikan mundur Israel dari semua negara Arab yang direbutnya dalam perang pada tahun 1967 dan menjadikan Yerusalem Timur sebagai ibukota negara Palestina, sebagaimana pula inisiatif perdamaian Arab tersebut menyeru penyelesaian yang adil bagi isu pengungsi Palestina sesuai dengan Resolusi PBB Nomor 194. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: