Internasional

Arab Saudi Tidak Bisa Diselamatkan dari Kebangkrutan

9 Januari 2016

SALAFYNEWS.COM, RIYADH – Terus melamahnya harga minyak mentah dunia membuat Negara Arab saudi sebagai negara penghasil minyak terbesar saat ini terancam bangkrut.

Melansir CNN, Jumat (8/1/2016), Dana Moneter Internasional (IMF) baru-baru ini meramalkan bahwa Arab Saudi dapat kehabisan uang tunai dalam lima tahun atau kurang jika harga minyak tetap di bawah USD50 per barel. Apalagi dalam 11 tahun terakhir ini, tren harga minyak mentah dunia memang terus merosot.

Defisit transaksi berjalan Arab Saudi hampir USD 100 miliar pada 2015 lalu dan bisa jadi terulang tahun ini atau lebih buruk. (Baca: Saudi Bangkrut, Harga BBM Dinaikkan 50 Persen)

Diplomat di Southern Methodist University, Robert Jordan mengungkapkan, kini saat nya Arab Saudi untuk berubah. Dan mungkin mereka harus mulai mengumpulkan pajak-pajak penghasilan atau penjualan.

“Saudi telah menggunakan kekuatan ekonomi mereka untuk membeli dari populasi mereka. Bagian dari pengaruh rezim itu membuat orang-orang tidak memaksakan pajak dan tidak berekpektasi tentang itu,” kata Jordan.

Penerapana pajak mau tak mau memang harus dilakukan, apalagi, saat ini pengangguran di Arab Saudi sudah cukup tinggi. Badan Statistik resmi mencatat pengangguran sekira 12 persen, tetapi para ahli mengatakan kemungkinan jauh lebih tinggi karena banyak orang Saudi bahkan tidak mencari pekerjaan.

Selama ini masayarakat Arab Saudi dimanjakan dengan berbagai bantuan. Pemerintah secara cuma-cuma memberikan subsidi subsidi listrik, gas dan air. Tak hanya itu, negara kaya minyak itu juga membebaskan warga negaranya dari pajak penghasilan dan jenis-jenis pajak lainnya. (SFA)

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Susul Saudi, Bahrain Naikkan Harga BBM Lebih Dari 50 Persen | Arrahmah News

  2. Pingback: BANGKRUT.. Pemerintah Saudi Pangkas Biaya Pendidikan Beasiswa Luar Negeri | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: