Internasional

AS Jual 600 Rudal Patriot Senilai $ 5,4 Milyar ke Arab Saudi

RIYADH, Salafynews.com – Departemen Pertahanan AS mengatakan akan menjual rudal Patriot senilai $ 5,4 Milyar ke Arab Saudi.

Arab Saudi telah berusaha untuk membeli 600 rudal Patriot Advanced Capability-3, /Biaya-Pengurangan Initiative Rudal dengan kontainer, yang dibangun oleh Lockheed Martin.

Pada hari Rabu (29/7/15), usulan penjualan rudal pencegat Patriot ke Arab Saudi, dan sistem rudal anti pesawat ke Uni Emirat Arab, telah disetujui oleh Departemen Luar Negeri.

Para pejabat AS mengatakan, program penjualan militer ke Luar Negeri, dengan nilai lebih dari $ 5,7 miliar akan “memberi kontribusi pada kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Amerika Serikat.”

Misil_Patriot

Baterai rudal Patriot AS

“Penjualan yang diusulkan akan memodernisasi dan mengganti rudal Patriot di hanggar Arab Saudi, yang sudah usang dan sulit untuk dipertahankan karena usia dan terbatasnya persedian suku cadang,” kata Pertahanan Cooperation Agency Keamanan AS (DSCA) dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu.

Arab Saudi merupakan importir terbesar senjata di dunia pada tahun 2014, terutama dalam impor senjata dari Amerika Serikat, menurut laporan perdagangan senjata.

Menurut Laporan Perdagangan Global Defense, Arab Saudi menghabiskan lebih dari $ 6,4 Milyar pada pembelian senjata pada tahun 2014, menglahkan India diperingkat kedua. Selama tahun lalu, impor senjata kerajaan Saudi meningkat sebesar 54 persen.

“Peningkatan impor senjata Arab Saudi begitu dramatis dan berdasarkan pesanan sebelumnya, angka-angka ini tidak akan turun,” RT mengutip ahli IHS Ben Moores yang mengatakannya.

Sementara itu, Amerika Serikat telah mendapat keuntungan yang sangat besar dari pasar senjata Timur Tengah yang terus meningkat, dengan nilai ekspor senjata ke wilayah tersebut mencapai $ 8,4 Milyar pada tahun lalu, naik sebelumnya $ 6 miliar pada tahun 2013.

Ekspor senjata AS keseluruh dunia naik 19 persen menjadi $ 23,7 Milyar, jumlah ini merupakan sepertiga dari total ekspor senjata global.

Rusia merupakan ekportir senjata peringkat kedua dengan nilai US $ 10 milyar dan Perancis di urutan ketiga.

Dalam skala global, perdagangan peralatan militer meningkat dengan total impor senjata di seluruh dunia mencapai US $ 64,4 Milyar dari sebelumnya US $ 56 Milyar pada tahun 2014. [PressTV/SFA]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: