Internasional

AS-Turki Tak Inginkan Stabilitas Suriah

Selasa, 17 Mei 2016

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW  – Mantan Kepala Staf Umum Rusia, Jenderal Yuri Baluyevsky, mengatakan bahwa ketidakstabilan situasi di Suriah adalah akibat dari sikap Amerika Serikat dan beberapa sekutunya di NATO terutama rezim Erdogan di Turki.

Baluyevsky dalam sebuah wawancara dengan para wartawan hari Senin di Moskow mengatakan, “eskalasi situasi yang terjadi baru-baru ini di Suriah diakibatkan ulah teroris yang mengkooptasi perjanjian gencatan senjata sebagai jeda untuk dapat memulihkan kembali kekuatan mereka dengan melanjutkan program penambahan jumlah  teroris dan senjata baru lewat Turki”. (Baca: Tiga Truk Sarat Senjata dan 70 Jihadis Al-Nusra Masuk Aleppo Via Turki)

Jenderal Rusia itu menambahkan “Saya ingin meyakini bahwa para mitra kami terutama Amerika Serikat memahami bahwa tidaklah mungkin untuk dapat duduk pada dua kursi dalam satu waktu, dalam artian bahwa mereka memberikan dukungan bagi kelompok teroris ISIS baik secara tidak langsung dan terkadang secara langsung. Sementara pada saat yang sama menyatakan perang melawan terorisme, karena cepat atau lambat mereka akan terjatuh di lubang yang sama dimana sebelumnya mereka telah terjatuh beberapa kali di lubang tersebut”.

Baluyevsky menjelaskan akan perlunya mengambil pelajaran dari apa yang terjadi pasca tragedi 11 September 2001 dan dari apa yang terjadi di Libya dan Irak. “Situasi di Suriah tidak akan pernah stabil selama laju masuknya para teroris dan senjata dari Turki masih terus berlanjut dan itu adalah situasi yang telah diketahui oleh semua orang, sementara itu terlihat tidak ada sama sekali langkah-langkah pencegahan yang diambil oleh Ankara juga oleh sekutu-sekutu Turki di NATO”, Pungkasnya.

Rusia telah berulang kali menekankan akan pentingnya mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menutup perbatasan Turki yang menjadi jalur lalu-lintas aliran senjata dan uang bagi para teroris. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: