Asia

Atas Nama AS, Arab Saudi Dalangi Terorisme di Negara-Negara Arab

TEHRAN, Salafynews.com – Seorang pejabat senior Iran mengatakan Arab Saudi merencanakan aksi terorisme di negara-negara Muslim atas nama Amerika Serikat dan sekutu Baratnya.

“Atas nama AS dan Barat, Arab Saudi mendalangi dan mensponsori terorisme di negara-negara Muslim,” Ali Akbar Velayati, penasihat Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei, Selasa (27/10).

Dia mencontohkan agresi militer Arab Saudi di Yaman, mendapat dukungan penuh AS hingga menyebabkan PBB lumpuh di hadapan kejahatan perang Saudi.

Yaman telah berada di bawah serangan militer Arab Saudi setiap hari sejak 26 Maret. Agresi militer itu ditujukan untuk melemahkan gerakan Houthi Ansarullah dan mengembalikan kekuasaan mantan Presiden Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi, sekutu setia Riyadh.

Menurut penghitungan baru, setidaknya 7.000 orang telah kehilangan nyawa mereka dalam serangan Saudi, dan total hampir 14.000 orang telah terluka sejak Maret.

Tuduhan Menlu Saudi Tak Berdasar

Velayati menepis tuduhan Menteri Luar Negeri Adel al-Jubeir bahwa Iran campur tangan dalam urusan negara-negara Arab. Riyadh tidak dalam posisi untuk membuat komentar seperti tentang Republik Islam, kata pejabat Iran.

“Justru Arab Saudi -lah yang berani dan tanpa dasar mencampuri urusan internal negara-negara Arab dan tetangga dalam wilayah tersebut. Komentar Adel al-Jubeir tentang Republik Islam Iran hanya untuk membenarkan perilakunya,” kata Velayati, yang juga presiden dari Pusat Strategis Penelitian dari badan arbitrase Iran Kebijaksanaan Dewan.

Dia menekankan bahwa Iran bertindak sesuai dengan tuntutan negara-negara regional seperti Suriah.

Berbicara pada konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier di Riyadh pada 19 Oktober, menteri luar negeri Saudi mengklaim bahwa Iran mencampuri urusan tetangga kerajaan dan mengatakan Riyadh menyerukan Iran untuk “mengubah kebijakannya dan menghentikan campur tangan dalam urusan negara-negara lain di kawasan, di Lebanon, Suriah, Irak dan Yaman. ” [Sfa/Ptv]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: