Editorial

Bachtiar Nasir Ketua GNPF MUI Dukung Pemberontak Suriah? Ini Penjelasannya

Selasa, 27 Desember 2016,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Panglima dan juga juru bicara Gerakan Nasional Pegawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) Munarman angkat bicara tentang nama Bachtiar Nasir yang ramai disebut mendukung kelompok pemberontak Jaysh Al-Islam di Suriah. Hal tersebut terkait beredarnya video di YouTube tentang temuan logistik oleh warga Aleppo di gudang milik pemberontak. (Baca: Abu Janda Al-Boliwudi: Kelompok Khilafah, Wahabi, Teroris Serang Pemerintah, TNI dan POLRI)

Dalam salah satu kotak logistik jelas tercantum tulisan “Indonesian Humanitarian Relief” (IHR). Kotak itu ditemukan di sekolah yang pernah menjadi markas Jaysh Al-Islam. Kelompok ini terusir setelah militer Suriah yang pro-pemerintahan Bashar Al-Assad berhasil menguasai kembali Aleppo.

Kabar yang beredar di media sosial dan beberapa situs menyebutkan Bachtiar Nasir yang merupakan koordinator di GNPF MUI juga merupakan pimpinan IHR. Lalu, apakah itu Bachtiar Nasir mendukung kelompok pemberontak yang memusuhi rakyat sipil Suriah?

“Gak benar berita yang ditulis itu. Itu berita ngarang dan abal abal. Ngawur habis itu (berita),” kata Munarman saat dihubungi Senin (26/12), dikutip dari Berita Satu (26/12).

Namun hal ini tidak menyurutkan pihak kepolisian diam, saat ini pihak kepolisian sedang melakukan penyelidkan tentang kebenaran bantuan ini. Saat ini pihak Mabes Polri tengah menyelidiki dugaan bantuan dana dari Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Bachtiar Nasir, yang diduga menyalurkan bantuan kepada kelompok teror di Aleppo, Suriah. Dugaan bantuan dari Bachtiar Nasir itu ramai diperbincangkan di media sosial.

Lebih lanjut, Rikwanto mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dalam menyalurkan donasi. Apalagi jika donasi ditujukan ke daerah rawan konflik terkait terorisme.

“Hati-hati saja jangan sampai maksud baik, tapi disalahgunakan pihak lain tak bertanggungjawab. Memberikan bantuan itu bagus karena beramal. Namun harus dipastikan dulu, apakah itu sudah dipastikan benar. Hati-hati aja, diselidiki dan didalami dana kita untuk membantu orang,” ujarnya.
Terkait penyelidikan atas dana bantuan yang digalang Bachtiar Nasir, Rikwanto mengatakan kepolisian belum berencana untuk memanggil Ketua GNPF MUI itu.

Seperti yang kita ketahui bersama di Website “Indonesian Humanitarin Relief” tidak banyak info yang bisa diambil siapa yang jadi pendiri dan susunan pengurus lembaga ini, kenapa banyak ketidak jelasan di dalamnya, tidak seperti lembaga NGO yang lain, memberikan info tentang kepengurusan lembaganya dengan detail, ini salah satu yang mencurigakan. (SFA)

3 Comments

3 Comments

  1. Pingback: Bareskrim Miliki Bukti Kuat Petinggi GNPF-MUI Bachtiar Nasir Tilap Dana Umat | SALAFY NEWS

  2. Pingback: Polri Kantongi Bukti Kuat Petinggi GNPF-MUI Bachtiar Nasir Tilap Dana Umat – VOA ISLAM NEWS

  3. Pingback: Polri Kantongi Bukti Kuat Petinggi GNPF-MUI Bachtiar Nasir Tilap Dana Umat | ISLAM NKRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: