Internasional

Baghdad Sambut Baik Serangan Rusia di Irak

BAGHDAD, Salafynews.com – Tak lama setelah Rusia meluncurkan serangan udara terhadap kantong-kantong militan ISIS di Suriah, Irak juga mengumumkan akan menyambut baik setiap tindakan militer tersebut dengan Moskow di wilayahnya.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengatakan kepada televisi France 24 pada hari Kamis (1/10) bahwa ia telah menerima “informasi yang masif” dari Suriah dan Rusia terkait serangan ke basis kelompok militan ISIS.

Ketika ditanya apakah ia telah membahas dengan Rusia terkait serangan udara di negaranya, Abadi mengatakan, “Belum,” dan menambahkan, “Ini adalah suatu kemungkinan. Jika kita mendapatkan tawaran, kami akan mempertimbangkannya dan saya akan menyambutnya.”

Sementara itu, pejabat senior Kementerian Luar Negeri Rusia, Ilya Rogachev mengatakan bahwa negaranya akan mempertimbangkan untuk meluncurkan serangan jika mendapat “permintaan dari pemerintah Irak atau resolusi Dewan Keamanan yang tergantung pada kehendak pemerintah Irak.”

Di musim panas 2014, militan ISIS memperluas militansi dari Suriah ke Irak dengan menangkap beberapa daerah perkotaan kunci di utara dan barat negara itu.

Militer Irak telah berhasil mendorong kembali kelompok dari beberapa wilayah utara, termasuk dari Tikrit, ibukota provinsi Salahuddin. Operasi militer terus berlangsung untuk membersihkan gerilyawan dari Ramadi dan Mosul, dua benteng utama ISIS di barat dan utara.

Moskow pada hari sebelumnya telah menunjuk Letnan Jenderal Sergei Kuralenko untuk mewakili Rusia dalam tugas intelijen bersama di Baghdad, yang juga termasuk Iran dan Suriah.

Kementerian Pertahanan Rusia juga mengumumkan bahwa mereka telah mengirimkan lebih dari 50 pesawat militer serta marinir, pasukan terjun payung dan pasukan khusus ke Suriah. Hanya satu hari itu setelah mereka memulai serangan ke basis ISIS di Suriah. [Sfa/Ptv]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: