Internasional

BAHAGIA.. Umat Kristen Kembali Ke Rumah Pasca Pembebasan Qaryatain

06 April 2016,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Warga Kristen Suriah mulai kembali ke kota Qaryatain yang telah berhasil dibebaskan oleh tentara Suriah dari cengkraman kelompok teroris pada hari Minggu kemarin, meski terjadi kerusakan besar rumah milik dan gereja mereka.

Kota Qaryatain sebelum jatuh ke tangan kelompok teroris ISIS pada 4 Agustus 2015, dianggap sebagai simbol persaudaraan antara umat Muslim dan Kristen di Suriah, yang sebelumnya meletus peperangan penduduk kota tersebut berjumlah sekitar tiga puluh ribu orang, dikutip dari Arabic.rt (04/04).

Namun setelah kelompok teroris itu mengambil alih kota tersebut, sebagian besar penduduknya melarikan diri ke Homs, sementara mereka yang masih tetap tinggal di kota itu mengalami penganiayaan dan penindasan oleh para elemen kelompok teroris. Mereka yang selamat dari kelompok teroris ISIS itu mengatakan bahwa sebelum mereka melarikan diri dari kota itu terdapat puluhan keluarga Kristiani digiring ke Raqqah dan dijadikan sandera.

Selama proses penyisiran dan pembersihan kota, tentara Suriah menghancurkan pusat komando milik kelompok teroris ISIS yang dibangun di atas reruntuhan biara bersejarah “Mar Elian” yang terletak di luar kota Qaryatain yang sudah berdiri sejak abad kelima.

Para teroris menggunakan buldozer untuk menghancurkan gereja kuno itu yang dibangun dari batu bata yang berbahan lumpur, tidak tersisa darinya kecuali hanya puing-puing dan bagian dari dinding yang dicorat-coret oleh para teroris dengan slogan-slogan faham garis kerasnya.

Pastor Jacques Mourad, yang berhasil melarikan diri dari cengkraman kelompok teroris ISIS dan yang sebelumnya ditahanan oleh kelompok tersebut selama 84 hari, mengatakan bahwa dua gereja di pusat kota Qaryatain yang satu milik Ortodoks dan yang satu lagi milik Katolik yang dibakar sejak minggu pertama masuknya kelompok teroris ISIS ke kota tersebut. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: