Internasional

BANGKRUT! Arab Saudi Jual Obligasi Untuk Tutupi Defisit Anggaran

Sabtu, 21  Mei 2016

SALAFYNEWS.COM, DUBAI  –  Kantor berita “Reuters” melaporkan pada hari Kamis (19/05) Arab Saudi berencana untuk mencari jalan keluar dengan menjual beberapa obligasi untuk menutup defisit anggaran pemerintah. Rencana penjualan obligasi ini akan dilakukan pekan depan. (Baca: BANGKRUT.. Pemerintah Saudi Pangkas Biaya Pendidikan Beasiswa Luar Negeri)

Sebuah sumber di perbankan menyebutkan kepada kantor berita Reuters: “pemerintah Saudi berencana untuk menjual obligasi riyal fixed-rate (tingkat bunga tetap) selama 5, 7 dan 10 tahun pada pekan depan untuk membiayai defisit anggaran”.

Sumber perbankan itu menyebutkan: “obligasi lima tahun akan ditawarkan  dengan harga 58-63. Basis poin diatas sejumlah perbendaharaan obligasi AS, sementara obligasi tujuh tahun pada 70 sampai 75 basis poin, dan titik desimal di 85 sampai 90 basis poin.”

Bankir tersebut menunjukkan bahwa harga obligasi itu akan diputuskan pada hari Minggu yang akan datang, sementara alokasi akan dilakukan pada hari Senin.  (Baca: Saudi Bangkrut, Harga BBM Dinaikkan 50 Persen)

Belum ada kejelasan pasti terkait berapa banyak pemerintah bermaksud untuk menjualnya, namun pemerintah telah menerbitkan obligasi domestik bulanan sekitar 20 miliar riyal (60 triliun rupiah) sejak akhir tahun lalu, untuk membantu menutupi defisit anggaran. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: