Internasional

BANGKRUT.. Pemerintah Saudi Pangkas Biaya Pendidikan Beasiswa Luar Negeri

23 Februari 2016,

SALAFYNEWS.COM, RIYADH – Ribuan pelajar Saudi kini terpaksa harus melupakan mimpi dan harapan untuk dapat melanjutkan studi di luar negeri akibat anjloknya harga minyak serta besarnya anggaran monarki Saudi, menurut laporan situs media CNN. (Baca: Arab Saudi Tidak Bisa Diselamatkan dari Kebangkrutan)

Arab Saudi telah memutuskan untuk mengurangi anggaran dalam program beasiswa yang pada tahun 2015 mencapai 200 ribuan pelajar di luar negeri.

Arab Saudi memperketat aturan pemberian beasiswa terdahulu yang diberikan oleh Raja Abdullah mengalami pengurangan kuota, dimana hanya ada satu pelajar dari seratus di masing-masing bidang yang mendapatkan beasiswa tersebut.

Saudi tidak menentukan secara detail ukuran pemotongan anggaran untuk program beasiswa itu, akan tetapi hanya menyebutkan jika kebijakan itu diambil dalam rangka menghemat keuangan negara. (Baca: Saudi Bangkrut, Harga BBM Dinaikkan 50 Persen)

Program beasiswa itu berjalan pada tahun 2005 mencakup semua keperluan belajar, termasuk asuransi kesehatan, uang saku bulanan untuk memenuhi kebutuhan biaya hidup, biaya transportasi bolak-balik menggunakan pesawat bagi sarjana dan pascasarjana serta doktor, Middle East Panorama (22/02) memberitakan.

Disebutkan pula bahwa terjadi penurunan drastis pada jumlah beasiswa Saudi di beberapa universitas di Amerika Serikat. Pada tahun lalu terdapat hampir 60 ribu pelajar Saudi di beberapa universitas Amerika Serikat sesuai laporan yang disampaikan oleh Institute of Internasional Education, berada di urutan keempat dengan jumlah pelajar asing setelah China, India dan Korea Selatan. (Baca: Raja Salman Penyebab Kehancuran Dinasti Saudi)

Jumlah pelajar yang datang ke Amerika Serikat terus mengalami peningkatan selama 10 tahun terakhir berkat program beasiswa, namun semenjak negara mengalami kesulitan dalam masalah keuangan akhir-akhir ini maka langkah-langkah penghematan diambil diantaranya dengan berhenti mendanai para pelajar di luar negeri. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: