Internasional

BANGKRUT! Saudi Naikkan Biaya Visa Menjadi 27 Juta

Senin, 03 Oktober 2016,

SALAFYNEWS.COM, RIYADH – Akibat mengalami defisit anggaran negara yang mengakibatkan Saudi mengalami krisis moneter. Pemerintah mulai hari ini menetapkan kenaikan biaya visa untuk keluar masuknya para pendatang ke Saudi, baik untuk kunjungan Haji, Umroh atau wisata. Sesuai keputusan Dewan Kementrian Saudi yang sebelumnya diterapkan pada Mesir dan para pengunjung kerajaan dari seluruh penjuru dunia. (Baca: “Dekrit” Kebangkrutan Saudi)

Keputusan Majelis Kementerian Saudi ini berlaku mulai hari Minggu 2 Oktober 2016.

Pada tanggal 8 Agustus lalu, Dewan Kementerian Saudi menyetujui kenaikan  biaya visa dan pelanggaran lalu lintas, sebagai inisiatif yang diajukan oleh Departemen Keuangan, Perekonomian dan Perencanaan guna meningkatkan pendapatan negara.

Kantor berita resmi Saudi SPA melaporkan, “biaya visa masuk Saudi menjadi 8000 Riyal atau setara dengan $2133,3 atau senilai 27.824.985 Rupiah, yakni 5000 Riyal untuk visa satu tahun dan 3000 Riyal untuk visa 6 bulan. (Baca: Arab Saudi Tidak Bisa Diselamatkan dari Kebangkrutan)

Adapun untuk satu kali masuk akan dikenakan biaya 2000 Riyal, negara  harus menanggung biaya ini dari peziarah yang ingin melaksanakan Haji dan Umroh.

Pengumuman ini juga meliputi kenaikan visa keluar, menjadi 500 Riyal untuk kepergian 3 Bulan, dan 200 Riyal untuk tambahan setiap bulannya, serta dikenakan biaya 500 Riyal untuk visa keluar beberapa kali dalam 6 bulan.

Dewan menyetujui perubahan biaya penerbangan dan peningkatan biaya pelanggaran lalu lintas, termasuk pengenaan denda berat bagi pengemudi yang mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi dan berputar tiba-tiba yang sering terjadi di Saudi. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: