Asia

Bapak Kemanusiaan Pakistan ‘Abdul Sattar Edhi’ Wafat di Usia 88 Tahun

Minggu, 10 Juli 2016,

SALAFYNEWS.COM, KARACHI – Bapak kemanusiaan berasal dari Pakistan, Abdul Sattar Edhi (88), telah meninggal dunia karena penyakit gagal ginjal, pada Jumat (8/7).

Beliau dikenal karena pelayanannya kepada kemanusiaan, Abdul Sattar Edhi sering disebut sebagai “Ibu Theresa dari Pakistan”.

Berita kematiannnya disampaikan oleh pihak keluarga. Anak almarhum, Faisal Edhi, sebelumnya mengatakan bahwa ayahnya berada dalam kondisi kritis di unit perawatan intensif sebuah rumah sakit di Karachi.

Kondisinya memburuk di sore hari ketika ia mengalami kesulitan bernafas saat menjalani dialisis di Sindh Institute of Urology and Transplantation.

Selama hidupnya, Edhi berperang melawan sikap anti kemanusiaan. Dia tidak mempedulikan latar belakang politik, tidak pernah mengeluarkan fatwa, menyerukan anti keserakahan.

Pada bulan Juni, dia menolak tawaran dari mantan presiden, Asif Ali Zardari, untuk perawatan di luar negeri. Ia mengaku hanya ingin dirawat di sebuah rumah sakit pemerintah di Pakistan.

Edhi, lahir tahun 1928 di sebuah desa bernama Bantva, yang sekarang adalah kawasan Gujarat, India.

Pada tahun 1986, dia menerima Ramon Magsaysay Award untuk pelayanannya kepada kemanusiaan.

Yayasannya mengoperasikan layanan ambulan gratis, panti asuhan, tempat penampungan perempuan, apotik dan rumah duka di beberapa kota di Pakistan. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: