Eropa

Bashar Jaafri: Warga Rusia yang Gabung ISIS Jangan Harap Balik ke Rusia

Salafynews.com, DAMASKUS – Suriah berjanji warga Rusia yang bergabung dengan kelompok teroris ISIS tak akan kembali ke Rusia, demikian disampaikan Perwakilan Tetap Suriah untuk PBB Bashar Jaafari pada TASS, Kamis (8/10) kemarin.

Bashar Jaafari

“Kami akan mengubur mereka di sini. Kami tak akan mengembalikan sampah itu pada kalian. Kami janji,” ungkap Jaafari. Menurut sang diplomat, tentara Suriah dengan dukungan aviasi Rusia saat ini tengah membangun pertahanan di sekeliling kota Hama. “Lokasi tepatnya di dekat Idlib,” jelasnya. (Baca Rusia Telah Meluncurkan 120 Serangan Udara di Suriah)

Ia yakin tentara Suriah dapat mempertahankan wilayah mereka, namun hal itu juga tetap bergantung pada seberapa serius pemerintah-pemerintah negara tetangga, termasuk Turki, dalam mencegah infiltrasi ekstremis ke Suriah.

Pada Mei lalu, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menyebutkan sekitar 25 ribu militan dari seratus negara bergabung dengan  ISIS dan Jabhat al-Nusra. Laporan terakhir komite Anti-Terorisme Dewan Keamanan PBB menyebutkan, etnis Chenchen dari Rusia merupakan salah satu ‘komandan senior’ di kedua organisasi radikal tersebut. (Baca Dua Ribu lebih Warga Rusia Gabung Teroris Di Suriah Dan Irak)

Pada Rabu (30/9), Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov menyatakan Moskow akan melakukan apapun untuk mencegah warga Rusia yang bergabung dengan ISIS kembali ke Rusia. (Baca Chechnya; Bergabung Dengan ISIS, Kewarganegaraan Hilang)

“Risiko utama situasi ini adalah ribuan militan tersebut akan menciptakan kekacauan di negara asal. Kami ingin menghindari risiko tersebut dan kami yakin kami bisa melakukannya”, kata Lavrov. (SFA/LM/RBTH)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: