Internasional

Bentrokan Pasukan Turki dan PKK Semakin Menegangkan

ANKARA, Salafynews.com – Bentrokan kembali terjadi antara polisi Turki dan PKK di wilayah tenggara Turki, hal itu terjadi  setelah pengumuman bahwa pihak PKK telah menguasai  kota Vartoa, pada saat yang sama pihak Ankara terus melakukan serangan udara terhadap markas-markas penting PKK  baik itu yang berada di  wilayah Turki maupun yang diluar Turki.

Ketegangan  di Turki bagian  tenggara semakin memuncak, karena Ankara terus melanjutkan serangan udaranya  terhadap posisi PKK. Daerah tenggara Turki mayoritas dihuni oleh suku Kurdi. Hingga kini bahwa ketegangan dapat disaksikan antara pihak polisi setempat dan PKK yang semakin menjadi dan berlangsung.

Partai Rakyat Demokratik yang berkuasa secara politis terus  berusaha untuk mengisolasi seluruh Turki bagian tenggara, yang mayoritas dihuni oleh suku Kurdi. Dikabarkan beberapa jembatan yang terhubung dengan daerah tersebut telah dibom sehingga kini terisolasi dari berbagai kota Turki.

Setelah kota tersebut dikuasai oleh PKK, pihak PKK mengumumkan bahwa kota tersebut adalah kota otonom.  Pemerintah Turki  menyatakan bahwa kota Vartoa dalam keadaan darurat, dan diberlakukan  jam malam. Menurut laporan pihak PKK membuat parit–parit disetiap pintu-pintu masuk ke kota tersebut, setelah berbagai jembatan yang menghubungkan kota Vartoa diledakan. Menteri Luar Negeri Turki Mouloud Jawish Oglu menegaskan bahwa “operasi militer Turki terhadap PKK akan terus dilakukan hingga tuntas”.  Beliau melanjutkan bahwa  “tentara Turki akan terus menyerang  PKK baik di dalam maupun yang berada di luar wilayah Turki”.

Presiden Turki Racap Tayib Erdogan mengatakan dalam pernyataannya di upacara pemakaman seorang perwira Turki di Trabzon, bahwa Turki tidak akan membiarkan pembagian negara, tidak akan memberi kesempatan kepada siapapun untuk melakukan itu dan juga tidak akan menerima jika bendera Turki diganti.

Dilain pihak, diinformasikan bahwa kelompok teroris ISIS menyarankan kepada Ankara agar  tunduk pada kelompok tersebut. Dalam keterangannya, kelompok teroris ISIS  mengancam akan melakukan serangan di Turki demi membebaskan Turki dari Kekafiran, hal tersebut disampaikan oleh jurubicara kelompok pasukan teroris ISIS. [Mehr/HH/SFA]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: