Internasional

Bentrokan Terjadi Menyusul Demo Warga Jepang Tolak Kehadiran Militer AS

Salafynews.com, Okinawa – Bentrokan terjadi antara polisi dan pengunjuk rasa di luar pangkalan militer AS di pulau Okinawa, pada hari Selasa(19/5). Demonstrasi ini merupakan aksi demo lanjutan dari serangkaian demonstrasi warga Jepang yang menolak rencana pembangunan relokasi baru pangkalan militer AS di wilayah prefektur Jepang tersebut. Baca Warga Jepang Gelar Demo Tolak Kehadiran Pangkalan Militer AS.

Puluhan aktivis membawa spanduk yang bertuliskan, “Pergi!”,       “Jangan Membunuh!, Jangan hancurkan alam!”,  “Pergi kalian Marinir AS! ” dan banyak lainnya. Kali ini para pengunjuk rasa berkumpul di pangkalan militer Angkatan Laut AS ‘Camp Schwab’ di timur laut Okinawa. Lihat Video Demo Warga Jepang Tolak Militer As.

Beberapa petugas polisi dikerahkan untuk mengusir para pengunjuk rasa, sebuah video amatir menunjukkan bahwa polisi-polisi tersebut juga menyeret beberapa demonstran yang mengibarkan spanduk-spanduk  dan meneriakkan aspirasi mereka menggunakan pengeras suara.

Unjuk rasa ini dimulai Jum’at lalu setelah gubernur Okinawa, Takeshi Onaga menuntut penangguhan  penerbangan semua pesawat tilt-rotor AS menyusul terjadinya kecelakaan pesawat naas tersebut di Hawaii. Kecelakaaan  MV-22 Osprey  sebuah pesawat terbang militer tilt-rotor sayap tinggi (high wing) tersebut yang menimbulkan keresahan akan keselamatan nyawa warga Okinawa.

“Menurut warga Okinawa, perluasan Osprey tidak boleh untuk dimulai” ungkap Onaga dalam konfrensi pers dengan beberapa jaringan televisi sebagaimana dikutip AP.

Sebelumnya, ribuan orang berkumpul di wilayah ‘prefektur’ itu dan diseluruh Jepang untuk menolak pembangunan sebuah relokasi baru pangkalan militer AS di Okinawa. Pengunjuk rasa menyatakan bahwa pemerintah Jepang tuli karena tak mau mendengarkan aspirasi warganya.

Hingga hari minggu kemarin sekitar 35.000 warga jepang berdemo di Okinawa, menolak kehadiran militer AS di wilayah tersebut. Okinawa adalah tuan rumah dari setengah dari tentara AS yang ada di seluruh Jepang.. (LM/rt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: