Internasional

Bersitegang dengan Saudi, Menteri Perminyakan Mesir Dekati Iran

Senin, 07 November 2016

SALAFYNEWS.COM, MESIR – Sumber yang dekat dengan delegasi Mesir di bandara Kairo mengatakan bahwa Menteri Perminyakan Mesir, Tarek El Molla saat ini sedang menyambangi Iran. El Molla berangkat pada hari Minggu (06/11), untuk mengupayakan kesepakatan minyak yang baru. Langkah Mesir ini dilakukan menyusul penangguhan perjanjian minyak bulan lalu yang dilakukan Arab Saudi. (Baca: Dukung Draf Rusia, Mesir Tendang Saudi, Riyadh Bekukan Bantuan Minyaknya)

Setelah penangguhan itu, Mesir memilih mendukung resolusi PBB yang didukung Rusia atas Suriah pada Oktober lalu, yang mengecualikan desakan untuk menghentikan pemboman Aleppo, dimana hal itu sangat ditentang Saudi.

Saudi menggelontorkan bantuan miliaran dollar untuk Mesir sejak 2013, ketika Presiden Abdel Fattah El-Sisi menggulingkan presiden terpilih, Mohammed Mursi, dari kubu Ikhwanul Muslimin, dan melarang gerakan Islam yang menentang Riyadh.

Perjanjian tersebut termasuk 700.000 ton produk minyak sebulan selama lima tahun di bawah kesepakatan 23 miliar dolar Amerika antara perusahaan minyak Aramco Saudi dan Egyptian General Petroleum Corporation (EGPC). (Baca: Serukan Persatuan Sunnah-Syiah Menteri Kebudayaan Mesir Diserang Ulama Ekstrimis Wahabi)

Reuters melaporkan pada Senin (07/11) bahwa sumber yang menemani Molla di bandara, mengatakan bahwa Molla dijadwalkan akan bertemu dengan beberapa pejabat senior Iran untuk membahas kemungkinan mendapat pasokan minyak dari Teheran.

Kunjungannya ke Iran, saingan utama Saudi di kawasan, menyiratkan keretakan lebih lanjut antara Mesir dan penyumbang dananya itu.

Bulan lalu Molla mengatakan tak jelas kapan pengiriman minyak Saudi akan dilanjutkan, dan Arab Saudi tak memberikan alasan untuk penundaan tersebut.

Hubungan diplomatik Mesir dan Iran sedikit tegang sejak akhir 1970-an dan, kunjungan seorang pejabat Kairo keTeheran merupakan sesuatu yang langka. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: