Amerika Latin

Biaya Pelarian Termahal di Dunia! Meksiko Tangkapi Pejabat Terkait Pelarian El Chapo

Salafynews.com, MEKSIKO – Meksiko telah menangkap 13 polisi senior penjara atas dugaan keterlibatan mereka dalam pelarian mafia narkoba paling dicari, Joaquin “El Chappo” Guzman, termasuk mantan direktur penjara  El Altiplano. Gembong narkoba itu meloloskan diri dari penjara berkeamanan maksimum pada buan juli lalu. (Baca Gembong Narkoba Kelas Kakap Meksiko Kabur Dari Penjara)

Penangkapan Kartel Narkoba El Chapo Oleh Pemerintahan Meksiko

“Valentin Cardenas, mantan direktur penjara Altiplano di Meksiko Tengah, dan Celina Oseguera, mantan direktur penjara federal, ditangkap bersama dengan 11 sipir penjara lainnya,” ungkap seorang sumber keamanan kepada Reuters. Keduanyan dipecat dari kedudukannya segera setelah Guzman berhasil melarikan diri dari penjara. (Baca Pemerintah Meksiko Tangkap Mafia Kartel Narkoba Terkait Hilangnya 43 Siswa)

Joaquin ‘El Chapo’ Guzman disebut-sebut bertanggung jawab atas kematian 34.000 orang. Hingga kini, dua puluh pejabat telah ditangkap terkait pelariannya.

Empat pejabat, dua diantaranya adalah anggota agen intellijen Meksiko, CISEN, dan dua sipir di ruang kontrol penjara, telah lebih dahulu ditangkap pada  awal bulan ini atas tuduhan terlibat dalam pelarian Guzman. Mereka didakwa membantu dan bersekongkol dalam pelarian narkoba sang dewa narkoba itu pada 11 Juli melalui sebuah terowongan sepanjang  1,5 kilometer dan sedalam 10 meter dari dalam selnya, sebagaimana dilansir AFP. Ia  hanya menjalani 17 bulan dari masa hukuman penjaranya yang panjang. Untuk menyukseskan pelariannya, ‘El Chapo’  dilaporkan telah membayar uang suap sebanyak  50 juta dolar.

Guzman diyakini bersembunyi di Costa Rica. Awal bulan ini, putranya secara tidak sengaja mengungkap keberadaan ayahnya itu melalui sebuah foto di twitter. (SFA/LM/RT)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: