Nasional

BNPT; Profesi Pilot Rentan Gabung ISIS

Salafynews.com, JAKARTA – Wawan Hari Purwanto, anggota tim ahli Badan Nasional Penganggulangan Terorisme mengatakan bahwa profesi yang memiliki kesempatan terbuka untuk bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) adalah profesi pilot. Hal ini menurutnya terkait dengan lisensi yang dimiliki pilot sehingga mereka dimudahkan untuk mengunjungi suatu negara.

Pilot

Ilustrasi Pilot

Ketika dihubungi, Kamis, 9 Juli 2015, Wawan menuturkan bahwa di luar sana ada pilot yang memanfaatkan profesinya itu untuk bergabung dengan ISIS. Namun begitu, Wawan menambahkan bahwa tidak semua pilot melakukan hal tersebut.

Wawan menjelaskan,  di Indonesia dan negara lain ada dua hal yang menyebabkan warganya bergabung dengan ISIS. Yakni, uang dan surga. Untuk pilot, kata dia, bukan duit yang dikejar karena pekerjaan itu berpenghasilan tinggi.

Wawan menjelaskan bahwa alasan pilot untuk bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah adalah karena keyakinan. Wawan menuturkan bahwa para pilot yang bergabung mengincar surga. Lebih lanjut, Wawan menyamakan pemimpin Al-Qaedah, Usamah  bin Laden dengan pilot yang memiliki kekayaan berlebih. Usamah , kata dia, bergabung dengan taliban karena keyakinannya.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, Wawan mengatakan bahwa BNPT akan melakukan kerja sama dengan seluruh maskapai di Indonesia untuk memperkecil kemungkinan pilot bergabung dengan ISIS.

Sebelumnya santer diberitakan laporan yang dimuat oleh The Intercept yang menyatakan bahwa saat ini ada dua orang pilot Indonesia yang menjadi objek pelacakan aparat penegak hukum wilayah Asia Tenggara karena dicurigai sebagai pendukung ISIS. Kedua pilot yang dicurigai ini adalah Ridwan Agustin dan Tomi Hendratno. Tomi Hendratno sendiri disebut-sebut sebagai pilot dari salah satu maskapai. Baca Dua Pilot Indonesia Dicurigai Gabung ISIS

Dalam laporan Polisi Federal Australia (AFP) bahwa kedua pilot tersebut terindikasi mendukung ISIS terlihat dari isi akun Facebook mereka. Pada akun Facebook Ridwan Agustin, AFP mengatakan sejak September 2014 tampak ada perubahan isi posting pada akun Facebook Ridwan yang memposting materi yang mengindikasikan dukungan kepada ISIS. (SFA/MM)

Source : Uraikan.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: