Internasional

Bualan PBB, Saudi Langgar Jeda Kemanusiaan di Yaman

Salafynews.com, SANA’A Selang beberapa menit setelah diberlakukannya gencatan senjata yang disponsori PBB, Saudi melakukan pelanggaran dengan mengerahkan jet-jet tempurnya untuk menyerang provinsi Hajjah dan Lahj di Yaman.

YAMAN

YAMAN

Pelanggaran itu terjadi sesaat setelah gencatan senjata untuk kemanusiaan berlaku pada pukul 23.59 waktu setempat di hari Jum’at (10/7).

Dini hari di hari yang sama, Dewan Keamanan PBB telah menyeru semua pihak yang terkait konflik Yaman untuk menghentikan sementara peperangan hingga akhir bulan Ramadhan  pada tanggal 17 Juli nanti. Baca Arab Saudi Menolak “Jeda Kemanusiaan” di Yaman

“Semua pihak harus menghentikan operasi militer selama jeda,” ungkap ke-15-anggota dewan PBB  dalam sebuah pernyataan bulat, mendesak semua pihak “untuk menahan diri dalam kasus-kasus pelanggaran terisolasi dan untuk menghindari eskalasi.” Baca

Juga di hari Jum’at yang sama, pemimpin gerakan Ansarullah, Abdul Malik al-Houthi mengatakan bahwa ia meragukan gencatan senjata tersebut.

“Kami tidak berharap banyak terhadap kesuksesan gencatan senjata ini,” ungkap Houthi dalam pernyataannya yang disiarkan televise Yaman al-Masirah.

Jet-jet tempur Saudi telah menyerang Yaman sejak tanggal 26 Maret tanpa meminta izin kepada PBB. Saudi juag tidak mengindahkan seruan Internasioanl untuk menghentikan serangan-serangannya.

Menurut PBB, lebih dari 3.000 orang, termasuk 1.500 warga sipil, telah tewas sejak konflik dimulai di Yaman pada 19 Maret. Laporan mengatakan lebih dari 21,1 juta orang di Yaman (lebih dari 80 persen dari populasi) yang membutuhkan bantuan, dengan 13 juta orang  kekurangan pangan. (SFA/LM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: