Amerika

CFR; Ekspansi ISIS ke Arab Saudi Bukan Isapan Jempol

26 Januari 2016

NEW YORK, SALAFYNEWS.COM – Kelompok think tank independen Council on Foreign Relations (CFR) yang berbasis di New York, memprediksi bahwa ISIS atau Daesh akan melakukan ekspansi ke Arab Saudi pada tahun ini setelah tertekan di wilayah Irak. Kelompok radikal itu mulai kehilangan banyak wilayah di Irak dan Suriah setelah diserang beberapa negara, terutama Rusia dan Amerika Serikat (AS).

benteng-perbatasan-arab-saudiPrediksi Itu disampaikan Presiden CFR, Richard Haass dalam konferensi CFR hari Senin. ”Sepertinya ada pertanyaan pada saya soal kapan, dan jika tidak, mereka (ISIS) melihat Arab Saudi sebagai tempat untuk menunjukkan bahwa mereka masih memiliki kemampuan untuk menciptakan momentum,” ujar Haass, seperti dikutip Sputnik, Selasa (26/1/2016).

Dia melanjutkan, ISIS akan menjadi tantangan untuk Arab Saudi pada tahun 2016 ini. Dalam beberapa bulan terakhir, kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atau Daesh mengalami kerugian di Irak utara. Pasukan Keamanan Irak dan mitra internasional mereka juga mengambil langkah untuk merebut kembali kota Mosul, yang berfungsi sebagai “modal” utama ISIS di Irak.

Haass mencatat bahwa ISIS pada dasarnya sudah terhambat di Irak. Di Suriah, Rusia juga membuat perubahan nyata dengan mencegah kelompok teror mendekati Pemerintah Suriah di Damaskus.

“Ekspansi ke Arab Saudi akan menjadi sebuah drama momentum untuk Daesh,” katanya. [Baca juga; Pasukan Khusus ISIS Dilatih Untuk Teror Skala Besar; VIDEO]

Arab Saudi sendiri telah menjadi anggota koalisi anti-ISIS yang dipimpin Amerika Serikat. Bahkan, pada bulan Desember 2015, Riyadh menjadi pemimpin koalisi 34 negara Islam untuk melawan terorisme. [Sfa/AB/RT]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: