Asia

China Ajukan 4 Sinyal Positif dalam KTT G-20 Tahun Ini

Salafynews.com, BEIJING Wakil Menteri Luar Negeri China, Li Baodong menyatakan, KTT G-20 di Antalya, Turki tahun ini hendaknya menyampaikan empat sinyal positif yakni keyakinan, keterbukaan, tanggung jawab dan transformasi. Li Baodong menyatakan hal tersebut di sela pertemuan koordinasi ketiga di Bodrum menjelang pembukaan KTT G-20 di Antalya.

G20-Leaders-Reuters

KTT G-20 2014 di Brisbane

Saat menjelaskan persiapan KTT G20, Li Baodong memaparkan empat sinyal positif, yakni,

Pertama, keyakinan. Kelompok G-20 perlu menunjukkan keyakinan dan kemampuan untuk memimpin ekonomi dunia untuk mewujudkan pertumbuhan yang kuat, berkelanjutan dan seimbang.

Kedua, keterbukaan. G-20 harus menyatakan sikapnya yang mendukung pemeliharaan ekonomi dunia yang terbuka dan menentang proteksionisme perdagangan. G-20 perlu berusaha memelihara kewibawaan sistem perdagangan multilateral, dan mendorong pelaksanaan kesepakatan perdagangan regional yang terbuka, transparan dan inklusif, sehingga dapat saling melengkapi dengan sistem perdagangan multilateral.

Ketiga, tanggung jawab. Masyarakat hendaknya meningkatkan koordinasi kebijakan ekonomi makro dan mengambil kebijakan ekonomi yang bertanggung jawab agar dapat membawa spillover effect positif dan bukan negatif bagi negara lain.

Keempat, transformasi. Li Baodong menganjurkan G-20 beralih dari mekanisme darurat ke mekanisme mitigasi jangka panjang serta beralih dari kebijakan siklus ke kebijakan struktural agar dapat meletakkan dasar bagi perkembangan yang sehat bagi ekonomi dalam jangka panjang. (SFA/LM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: