Asia

China Ancam AS Jika Adakan Pertemuan dengan Pemimpin Tibet “Dalai Lama”

Jum’at, 17 Juni 2016,

SALAFYNEWS.COM, BEIJING – Beijing memperingatkan Washington yang melakukan pertemuan yang telah direncanakan antara Presiden Barack Obama dengan pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama, di Gedung Putih dan menegaskan bahwa pertemuan itu akan menganggu hubungan antara Amerika dan China.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Lu Kang, Rabu (15/06), mengatakan “jika Amerika Serikat berencana untuk mengadakan pertemuan itu, maka itu berarti mereka akan mengirim sinyal yang salah terhadap kekuatan kemerdekaan dan kekuatan separatis Tibet serta merugikan hubungan dan kerjasama antara China-AS”. Pertemuan tersebut hanya akan mendorong kekuatan separatis”, menururtnya. (Baca: Hadang Kapal Selam AS, China Bangun Dinding Bawah Laut)

Juru bicara China itu juga menandaskan bahwa negaranya mendesak Amerika Serikat untuk mematuhi komitmennya bahwa Tibet adalah bagian dari China dan menghentikan dukungan untuk kemerdekaan Tibet… Ia menambahkan bahwa setiap “upaya untuk mengeksploitasi isu Tibet atau untuk merusak stabilitas Negara akan berakhir dengan kegagalan”. (Baca: China Singkirkan Dominasi Dolar AS)

Sebelumnya, Obama telah bertemu dengan Dalai Lama beberapa kali, terakhir di Washington pada tahun 2014, dimana pada saat itu Beijing berulangkali menuduh Washington ikut campur dalam urusan luar negerinya setelah melangsungkan pertemuan semacam itu, namun sejumlah laporan menunjukkan bahwa pertemuan kali ini akan dilangsungkan secara tertutup untuk menghindari provokasi terhadap Beijing yang menganggap Dalai Lama sebagai kelompok separatis yang berbahaya. (SFA)

Sumber: Middle East Panorama

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: